Perkembangan Skateboard di Indonesia

Setelah pertama kali ditemukan pada pertengahan tahun 1940 – 1950 an oleh Frank Nasworthy peselancar dari California, yang pada saat itu ingin mencari alternatif lain bermain surfing ketika air laut tidak berombak. Mulai saat itulah permainan skateboard dimainkan, dan papan pertama yang dibuat hampir mirip dengan papan surfing, namun ukurannya agak kecil dan diberi ban roller skate.

Pada tahun 1970-an, Frank Nasworthy membuat ban skateboard dari bahan polyurethane atau yang biasa disebut Cadillac. Dengan dibuatnya ban baru skateboard tersebut, membuat popularitas skateboard berkembang pesat. Banyak perusahan pabrik di California yang memodifikasi papan – papan skateboard.

Bentuk kontenporer skateboard didapat dari fresstyle papan pada tahun 1980-an, dengan bentuk ban dan lebar relatif sempit yang simetris. Bentuk papan ini sudah menjadi trend di awal tahun 90-an. Pertengahan tahun 90-an sampai sekarang papan skateboard terus berkembang, saat ini papan skate yang digunakan mempunyai lebar 7 ¼ sampai 8 inci, dan panjang 30 sampai 32 inci. Sementara ukuran roda relatif kecil.

Di Indonesia sendiri skateboard mulai masuk pada tahun 80-an. Para pecinta skate di Indonesia mendapatkan informasi seputar skate di dunia melalui video di Youtube dan membaca majalah skateboard luar negeri.
Seiring berjalannya waktu, olahraga yang tergolong ekstrim ini semakin berkembang di anak muda Indonesia. Dengan semakin dicintainya olahraga skateboard ini, Mr. Craig yang pada saat itu mempunyai toko  khusus yang meyediakan perlengkapan skateboard membuat event kejuaraan skateboard pertama di Jakarta. Saat itulah event – event kejuaraan skateboard mulai banyak dibuat di Indonesia.

Dengan semakin berkembangnya skateboard di Indonesia, komunitas – komunitas skateboard di berbagai kota – kota besar di Indonesia mulai bermunculan, dan mampu menghadirkan skaters – skaters handal. Nama – nama atlet skateboard asal Indonesia seperti Pevi Permana yang sudah malang melintang di kancah Internasional sudah terkenal di Amerika, negara asal permainan skateboard.

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *