Kisah Legendaris Gitaris “Jimi Hendrix”

Jimi Hendrix adalah gitaris, penyanyi, dan penulis lagu rock Amerika.

Dia memenangkan berbagai penghargaan atas kontribusinya pada musik rock, baik selama hidupnya dan setelah kematiannya pada usia 27 tahun.

Dengan gaya unik yang mengkombinasikan rock and roll, blues dan funk, Jimi Hendrix menjadi salah satu musisi paling berpengaruh dalam sejarah rock and roll dengan keterampilan bermain gitarnya yang legendaris.

Kelahiran dan Masa Kecil

Jimi Hendrix lahir sebagai Johnny Allen Hendrix pada tanggal 27 November 1942 di Seattle, Washington.

Ayahnya sedang bertugas di sebuah kamp Angkatan Darat Amerika Serikat di Oklahoma ketika dia dilahirkan.

Ketika pulang, ayahnya mengubah nama anaknya menjadi James Marshall Hendrix.

Kehidupan keluarga Jimi tidak stabil. Keluarganya miskin sehingga dia sering dikirim untuk tinggal dengan anggota keluarga lain atau teman-teman.

Salah satu dari kedua saudara laki-lakinya cacat dan dibesarkan oleh negara, dengan kedua saudara perempuannya juga cacat dan diserahkan untuk diadopsi.

Orang tua Hendrix bercerai pada tahun 1952 dan ibunya meninggal enam tahun kemudian.

Sekitar waktu itu, Jimi membeli gitar pertamanya dan mulai berlatih dengan tekun. Ayahnya memberinya gitar listrik pertama pada tahun berikutnya.

Awal Karir

Band pertama Jimi Hendrix adalah The Velvetones diikuti dengan The Rocking Kings.

Setelah putus SMA, dia terlibat masalah hukum karena mengendarai mobil curian. Sebagai alternatif ke penjara, dia diizinkan bergabung dengan Angkatan Darat AS.

Dia terdaftar pada tanggal 31 Mei 1961 dan keluar satu tahun kemudian. Di masa itu Hendrix bertemu gitaris bass, Billy Cox, dan terus menjalin hubungan pribadi dan profesional selama sisa hidupnya.

Setelah meninggalkan Angkatan Darat, Hendrix dan Cox pindah ke Clarksville, Tennessee, dan membentuk band bernama The King Casuals dan bermain di seluruh wilayah Selatan Amerika selama sekitar dua tahun.

Pengalaman Hendrix di Selatan memungkinkan dia mengembangkan gaya pribadinya, meskipun sulit untuk mencari nafkah.

Dia pindah ke New York pada tahun 1964. Sementara di sana, dia memenangkan hadiah pertama dalam kontes amatir di The Apollo Theater dan bergabung dengan tur nasional Isley Brothers’.

Hendrix bermain sebagai cadangan untuk Little Richard pada tahun 1965, tetapi karena tidak cocok mereka segera bubar.

Sepanjang tahun 1965 dan 1966, Hendrix bermain di beberapa band sebelum membentuk band sendiri, Jimmy James dan The Blue Flames.

Pada tahun yang sama, dia juga mendirikan band paling pentingnya, The Jimi Hendrix Experience, dengan bantuan produser Inggris, Chas Chandler.

Para anggota band awal adalah Hendrix dan musisi Inggris Noel Redding dan Mitch Mitchell.

The Jimi Hendrix Experience

Hendrix tampil dan merekam musiknya yang paling berpengaruh bersama dengan The Jimi Hendrix Experience.

Band ini merilis empat album studio, Are You Experienced and Axis: Bold as Love pada tahun 1967, Electric Ladyland pada tahun 1968, dan The Cry of Love pada tahun 1971 setelah kematian Hendrix.

Keempat album ini berhasil masuk lima besar di tangga lagu Inggris dan Amerika Serikat, dengan Electric Ladyland menjadi no.1 di AS.

Setelah mencapai ketenaran di Inggris, The Jimi Hendrix Experience memenangkan lebih banyak penggemar di Amerika melalui pertunjukan di Monterey International Pop Festival di Monterey, California, pada tahun 1967.

Hendrix pada saat itu menghancurkan dan membakar gitarnya di akhir sesi, peristiwa yang diabadikan dalam film dokumenter Monterey Pop.

Band ini selanjutnya melakukan tur Eropa, tapi Redding meninggalkan kelompok ini pada bulan Juni 1969 dan digantikan oleh Cox.

Proyek Lainnya

Meskipun Cox telah bermain dengan Hendrix sejak April 1969, The Jimi Hendrix Experience sempat vakum sampai tahun 1970.

Di waktu vakum tersebut, Hendrix memiliki dua proyek singkat, satu disebut Gypsy Sun and Rainbows dan yang lainnya disebut Band of Gypsys.

Dengan yang pertama, dia melakukan salah satu pertunjukan paling ikonik di Woodstock pada tanggal 18 Agustus 1969.

Pertunjukan solonya, versi improvisasi dari The Star-Spangled Banner (lagu kebangsaan AS) adalah salah satu momen besar dalam karirnya.

The Jimi Hendrix Experience bersatu kembali untuk tur Cry of Love pada tahun 1970, dengan Cox tetap mengganti Redding.

Band ini sukses melakukan 30 tur di AS. Setelah itu mereka melakukan tur singkat di Eropa.

Hendrix memainkan konser terakhirnya di Jerman pada tanggal 6 September 1970.

Kematian di Usia 27 tahun

Hendrix meninggal karena keracunan barbiturat dan menelan muntahannya sendiri pada tanggal 18 September 1970, dilaporkan setelah overdosis pil tidur.

Meskipun berakhir tragis pada usia 27 tahun, musik Hendrix terus mempengaruhi dan menginspirasi banyak musisi dan fans.

Pada tahun 1992, dia dianugerahi Grammy Lifetime Achievement Award dari The National Academy of Recording Arts & Sciences.

Sebuah album lagu yang belum pernah dirilis sebelumnya berjudul First Rays of the New Rising Sun, akhirnya dirilis pada tahun 1997.

 

Sumber : amazine

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *