Alat Musik Tradisional “Kacapi” Jawa Barat

Perpek Media – Salah satu alat musik tradisional yang berasal dari Jawa Barat adalah Kacapi. Alat musik ini merupakan alat musik yang belum modern. Kacapi merupakan alat musik utama dalam tembang Sunda atau mamaos cianjuran.

Alat musik tradisional yang merupakan salah satu icon dari Jawa Barat ini dimainkan dengan cara dipetik. Menurut fungsinya dalam mengiringi musik, kacapi dapat dibedakan menjadi 2, yaitu kacapi indung (kacapi induk) dan kacapi rincik atau kacapi anak.

Alat musik Kacapi dapat ditemui hampir diseluruh wilayah di Jawa Barat. Dan sampai saat ini alat musik kacapi masih sering dipergunakan dan dilestarikan sebagai salah satu warisan budaya orang Sunda. Dan juga di jadikan alat musik yang khas dari daerah tersebut.

Diduga alat musik tradisional Kacapi ini sudah ada sebelum abad ke 15, dimana kacapi indung dipergunakan untuk mengiringi pantun Sunda. Sehingga tidak heran bila alat musik ini sudah banyak di kenal oleh orang yang sudah sepuh atau sudah tua, sebab nenek moyang mereka pasti sudah memperkenalkan alat musik yang satu ini kepada generasinya. Salah satu tujuannya yaitu agar alat tradisional ini juga agar di kenal oleh anak cucu mereka, selain itu untuk kekayaan dari daerah tersebut.

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *