Sejarah Makanan Nasi Uduk Dan Cara Membuatnya

Perpek Media – Kehadiran nasi uduk di Indonesia diperkiraan sudah sejak abad ke-14 hingga ke-16 yang datang lewat proses perdagangan. Awal muasal nasi uduk itu berasal dari Tanah Melayu yang Pada Umumnya daerah Indonesia (pulau sumatera) dan wilayah negara Malaysia.karena perpindahan para penduduk melayu yang merantau ke pulau jawa dan menjual makan ini yang lezat ini bisa sampai di pulau jawa wilayah Sudan Kelapa dan sampai di Jawa barat.

Katanya asal mula kata uduk justru berakar dari bahasa Sunda yang artinya bersatu atau bercampur, jadi bisa di bilang nasi yang dicampur dengan menu yang lain,makanan ini juga punya sedikit kemiripan dengan nasi lemak yang sangat khas di malaysia.

Ada juga yang berpendapat bahwa nasi uduk merupakan makanan rakyat kecil mengingat perekonomian Indonesia zaman dahulu sangat susah. Masyarakat cenderung mengonsumsi makanan apa adanya. Nasi uduk berasal dari kata “uduk”, secara etimologi artinya “susah”, di sisi lain, nasi uduk dahulu dijual memakai gerobak dan selalu ada di pasar.

Nasi uduk yang lezat dan gurih termasuk pada hidangan modifikasi nasi putih yang cukup populer di kalangan masyarakat, membuat nasi uduk juga termasuk pada keterampilan, cukup banyak wanita Indonesia yang menguasainya dan cukup banyak yang mengandalkan nasi uduk sebagai modal untuk mencari nafkah dengan menjual nasi uduk.

Nasi uduk merupakan makanan yand dibuat dari nasi putih yang diaron serta dikukus dengan memakai santan dari kelapa parut dan dibumbui dengan memakai berbagai bumbu, mulai dari kayu manis, pala, jahe, merica serta daun serai. Nasi uduk biasanya dihidangkan dengan beberapa makanan pendamping, seperti tahu goreng, emping goreng, telur dadar yang diiris tipis, abon, tempe kering, ayam goreng, bawang goreng serta mentimun dan sambal kacang.

Menemukan nasi uduk tidak begitu sulit, karena biasanya nasi uduk dijual di pagi hari di pasar tradisional atau di kedai sederhana di pinggir jalan, disantap sebagai menu sarapan yang lezat dan mengenyangkan. Tidak jarang, nasi uduk juga ditemukan di berbagai tenda warung pecel lele. Berikut ini resep nasi uduk komplit yang bisa Anda pelajari.

Resep Nasi Uduk Gurih Komplit

Bahan nasi:

– Siapkan 0.3 kilogram beras yang telah dicuci bersih dengan memakai air mengalir

– Siapkan 0.45 liter santan atau setara dengan satu butir kelapa

Bumbu:

– Siapkan dua lembar daun salam

– Siapkan dua butir cengkeh

– Siapkan garam secukupnya

– Siapkan dua batang serai yang diambil bagian putihnya saja lantas dimemarkan

Bahan pelengkap serta lauk dari resep nasi uduk:

– Bawang merah goreng yang digunakan sebagai taburan

– Mie goreng

– Sambal goreng kentang atau cukup dengan sambal goreng petai

– Ayam goreng kremes

– Telur dadar

– Tempe kering pedas manis

– Kentang kering dan kacang goreng

– Mentimun, kerupuk

– Perkedel kentang dengan tuna

– Dan teri kacang kering spesial

Cara Membuat Nasi Uduk

1. Masukkan semua bahan serta bumbu kedalam panci rice cooker dan masak hingga santan meresap dengan baik

2. Setelah santannya meresap dengan baik, kecilkan apinya dan aduk merata, usahakan agar tidak lengket dan masak kembali hingga nasinya matang.

3. Diamkan selama lima menit kemudian ambil satu mangkuk nasi uduk, bentuk hingga nasi uduk memadati mangkuk baru kemudian keluarkan nasi ke atas piring saji secara terbalik dan sajikan dengan semua bahan pelengkap dan juga lauk pauk yang telah Anda buat dan persiapkan sebelumnya.

4. Untuk bahan pelengkap dan lauk pauknya, sesuaikan saja dengan selera Anda, tidak harus mengikuti resep ini, karena beragam bahan pelengkap dan lauk pauknya, nasi uduk komplit ini bisa dinikmati oleh enam orang

Nasi uduk yang lezat bisa dinilai dari tekstur nasi dan gurihnya, yang terbaik untuk mendapatkan nasi uduk lezat, adalah dengan memilih dan menggunakan beras yang berkualitas cukup baik, usahakan juga untuk memanfaatkan santan dengan baik, karena rasa gurih pada nasi uduk terletak pada pemakaian santannya, pemakaian santan yang tidak sesuai akan membuat hidangan nasi uduk kurang terasa gurih dan sedap.

 

 

Sumber : tagoleki.com

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *