Alat Musik Perkusi “Marakas”

Perpek Media – Alat musik yang juga termasuk alat musik perkusi ini jika disebut juga Maracas, Maraca’, Mbara’ka, atau Maracax’a. Dulunya Marakas digunakan sebagai instrumen untuk dipakai menjadi media penyembuhan di hampir seluruh Afrika, Karibia, dan Amerika Selatan yang katanya merupakan daerah alat musik ini berasal.

Marakas hampir bisa kita temui di seluruh dunia dalam sebuah Big Band atau Orkestra. Alat musik ini juga menjadi salah satu yang terpenting di dalam musik Cuba, Rumba, Salsa, Charanga, serta Trov Ensemble.

Material bagian luar dari Marakas biasanya terbuat dari labu yang sudah dikeringkan atau bisa juga dari kulit kering yang dijahit. Selain kedua bahan tersebut, kayu, kelapa, plastik, jerami, atau buah squash pun bisa diolah menjadi Marakas.

Untuk bagian dalamnya diisi dengan biji-bijian dari macam-macam jenis tanaman ataupun bahan lain yang diharapkan bisa beresonansi dengan material luarnya sehingga menghasilkan suara getaran yang enak didengar.

Jumlah isi di Marakas tergantung kehendak dari si pembuat atau pemainnya yang juga memperhatikan nilai-nilai estetika. Sebuah tongkat silinder atau batang juga dipasang sebagai alat bantu memudahkan memegang dan memainkannya.(Red/tekoneko)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *