Berbagai Macam Karir Musisi Di Dunia Musik

Perpek Media – Banyak dari mereka yang mencintai musik, benar-benar hidup dari bermusik. Entah bermain dalam sebuah band, menjadi anggota orkestra, menciptakan lagu, hingga membuat musik untuk film, acara televisi atau iklan – ada banyak pilihan karir yang tersedia bagi seorang musisi profesional.

Musisi profesional adalah orang yang mahir memainkan sebuah atau beberapa instrumen dan menggunakannya sebagai sumber utama pendapatannya. Umumnya musisi adalah mereka yang juga memiliki pengetahuan akan banyak jenis musik, khususnya musik pop. Mereka bisa bermain solo atau menjadi bagian dari band.

Banyak yang bisa seseorang lakukan di industri musik tanpa harus memahami musik, tapi menjadi seorang musisi memiliki keistimewaan yang bisa membawa kebahagiaan bagi sebanyak-banyaknya orang yang mendengarkan.

Berikut adalah sebagian dari pilihan karir sebagai musisi profesional:

Guru musik

Tak hanya bermanfaat, mengajar musik juga bisa memberikan penghasilan. Ada yang mengajar musik sebagai pekerjaan paruh waktu, ada juga yang mengajar di sekolah atau perguruan tinggi setiap harinya sebagai profesi. Mengajar musik tidak hanya membantu menyalurkan pengetahuan musik kepada orang lain, tapi juga menjadi pengembangan diri sendiri bagi pengajar.

Pemain/penampil musik

Kami di Karirgogo percaya bahwa setiap musisi tidak sah jika tidak berpindah panggung ke panggung untuk tampil dan menginspirasi lewat musiknya. Tampil bermain musik di panggung juga cara paling keren untuk membangun jaringan dan penggemarmu. Hasil karya pemain/penampil musik bisa dinikmati oleh banyak penikmat musik melalui rilisan fisik, digital, maupun aksi panggung mereka.

Musisi DJ/Remixer

Kebanyakan DJ mengembangkan gaya suara dan musik mereka sendiri. Membuat remix sudah menjadi bagian dari keahlian mereka yang menambahkan dimensi lain pada karir dan potensi untuk menghasilkan. DJ juga banyak yang menjadi produser musik dan memberi nuansa segar pada musik pop. Skena musik digital juga telah menjadi bagian besar dari industri musik dunia.

Penulis lagu/komposer

Apakah kamu berbakat menulis lirik atau komposisi lagu, pikirkan bagaimana melakukan keterampilan ini secara terus menerus dan hasilkan uang dari kreasimu. Jika lagu atau komposisi ciptaanmu menjadi populer, kamu akan bisa mendapatkan hak royalti atau penjualan. Banyak sekali bakat menulis lagu dengan keunikan masing-masing. Kamu juga bisa menjadi penyanyi dari lagu-lagu ciptaanmu sendiri.

Masih banyak lagi jenis profesi musisi dan juga profesi lain di industri musik. Ada yang bilang kalau kamu berkarir di dunia musik, sebisa mungkin kamu pernah menjalani berbagai macam karir di industri musik. Dengan begitu kamu bisa menentukan sendiri jalur karir musik pilihanmu yang paling pas dengan “suara”mu. Jangan ragu untuk menjalaninya dan memperdengarkannya kepada dunia.

Sumber : karirgogo.com

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *