Tren Teknologi Yang Diprediksi Cerah Pada 2019

Perpek Media – Perusahaan integrator teknologi, Dimension Data, meluncurkan laporan prediksi tren teknologi 2019. “Tren teknologi seperti kecerdasan buatan atau AI dan machine learning sudah kami prediksikan tahun lalu. Namun, tahun depan teknologi tersebut masih akan terus berkembang lebih baik lagi,” ujar Country General Manager Dimension Data Hendra Lesmana, di Kayuh Cafe Cikajang, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa, 18 Desember 2018.

Berikut tren teknologi 2019 menurut Dimension Data:

1. Otomatisasi Robot

Masa Depan Kecerdasan Buatan

Pertumbuhan eksponensial akan terjadi dalam proses otomatisasi robot, seperti penggunaan machine learning, kecerdasan buatan atau artificial intellegence (AI) dan jaringan saraf heuristik. Hal tersebut akan membuat kemampuan perusahaan dalam menggabungkan skenario, meningkatkan pemahaman, dan membuat keputusan prediktif secara real-time tentang kebutuhan dan perilaku pelanggan.

2. Platform Keamanan Siber Berbasis Cloud

Komputasi Awan.

Pelanggaran keamanan siber yang terjadi selama 2018 akan menyebabkan penyedia keamanan berbasis cloud mendapatkan momentum pada 2019. Sistem keamanan siber berbasis cloud dibangun dengan API terbuka. Artinya, tim keamanan dapat mengintegrasikan teknologi baru ke platform dengan cepat dan relatif mudah. Hal ini juga akan memastikan pengguna agar dapat mengikuti lanskap ancaman siber yang berkembang pesat.

3. Infrastruktur Model End-to-End

Ilustrasi infrastruktur model end-to-end. ensono.com

Banyak perusahaan yang berlangganan ke beberapa platform cloud dan meningkatkan penggunAn software-as-a-service (SaaS). Kemampuan pemrograman secara end-to-end artinya organisasi akan dapat dengan cepat beradaptasi dengan perubahan lanskap bisnis, serta menuntut lebih banyak dari aplikasi dan data mereka.

4. Aplikasi Cerdas

Ilustrasi aplikasi cerdas. eutd.eu

Pada 2019, akan terlihat juga aplikasi dapat mengumpulkan masukan dari para pengguna dan membuat perubahan pada fungsi mereka, tujuannya untuk meningkatkan pengalaman pengguna pada layanan. AI dan mechine learning akan memainkan peran penting dalam membantu karyawan bekerja lebih produktif.

5. Nilai Big Data

Ilustrasi big data. achtunglabs.com

Pada 2019 juga fokus akan semakin bergeser ke nilai data yang sebenarnya, mendorong pencarian baru untuk menanamkan telemetri, mengumpulkan dan memperkaya data. Hal ini merupakan data yang akan membentuk makna utama dari transformasi digital yang sesungguhnya dan menjadi sumber aliran pendapatan baru yang melampaui arus pendapatn tradisional. Juga akan menyebabkan perubahan dalam arsitektur informasi, di mana dengan kebutuhan menetapkan data kaya untuk mendorong investasi teknologi informasi.

Sumber : msn.com

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *