Anies Baswedan: Stadion Persija Kelak Setara Stadion MU Dan Real Madrid

Jakarta, Perpek Media – Pembangunan Jakarta International Stadium segera dimulai. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan secara langsung menghadiri groundbreaking atau peletakan batu pertama pembangunan stadion untuk Persija Jakarta itu.

Eks lahan Taman Bersih, Manusiawi, Wibawa (BMW), Sunter, Jakarta Utara, itu didesain menjadi lapangan futsal dilengkapi tribun penonton. Proses groundbreaking ini disambut antusias Jakmania dan North Jak atau pendukung Persitara Jakarta Utara.

Anies mengungkapkan pembangunan stadion ini sebagai bentuk mewujudkan keinginan warga Jakarta sejak lama. Menurutnya, stadion ini tidak akan kalah dengan Old Trafford milik Manchester United (MU) dan Santiago Bernabeu milik Real Madrid.

“Stadion ini kelak akan setara dengan stadion-stadion yang hari ini menjadi tempat bermainnya kesebelasan kelas dunia. Bisa disebut mulai dari Manchester United, Real Madrid dan sebagainya. Itu semua bermain di stadion-stadion kelas dunia,” kata Anies dalam sambutannya di lokasi, Kamis, (14/3).

Anies menjelaskan pembangunan Jakarta International Stadium diperkirakan akan selesai pada 2021. Ia menegaskan dengan adanya stadion kelas dunia ini menunjukkan bahwa Jakarta siap disandingkan dengan kota-kota besar di dunia.

“Insyaallah dalam waktu sekitar 2,5 tahun kita akan menyaksikan apa yang selama ini menjadi mimpi akan jadi kenyataan di tempat ini,” ujar Anies.

Anies meminta pembangunan stadion ini membawa dampak yang bermanfaat bagi masyarakat khususunya warga di Jakarta Utara. Apalagi, kata Anies, pembangunan stadion ini tak lupa melibatkan masyarakat.

“Bahwa hadirnya stadion ini berkelas international maka lingkungan sekitarnya harus menjadi pihak paling awal dapat manfaat di tempat ini, masyarakat diuntungkan dengan kehadiran stadion ini,” pinta Anies.

Anies mengakui proses pembangunan stadion ini cukup panjang. Sehingga ia mengapresiasi semua pihak termasuk gubernur sebelumnya dan DPRD DKI Jakarta yang terlibat.

Anies juga meminta dukungan baik secara langsung maupun tidak langsung dari Jakmania agar pembangunan Jakarta International Stadium selesai tepat waktu.

“Saya berharap para suporter ke depan kita bantu dukung ketika Jakpro bekerja mewujudkan ini jadi kenyataan dengan terus menerus membawa pesan bahwa Jakarta akan memiliki stadion kelas dunia untuk kesebelasan yang insyallah menjadi kesebelasan kelas dunia. Kesebelasannya juara, suporternya teladan, dan stadionnya kelas dunia insyaallah akan tercapai,” tutur Anies.

Setelah memberikan sambutan, Anies menendang bola sebagai tanda dimulainya pembangunan Jakarta International Stadium dan dilanjutkan pertandingan.

Turut hadir dalam kegiatan ini anggota DPR RI Rahayu Saraswati, Wakil Ketua DPRD DKI M. Taufik, anggota DPRD Syarif dan Bestari Barus, Sekda DKI Jakarta Saefullah dan jajaran pejabat Pemprov DKI, serta Dirut Jakpro Dwi Wahyu Daryoto, hingga pengurus Persija dan Persitara.

Pembangunan stadion berkelas internasional menjadi salah satu janji kampanye Anies saat Pilgub DKI 2017 lalu. Pemprov DKI menunjuk BUMD Jakarta Propertindo (Jakpro) sebagai penyelenggara pembangunan stadion.

Jakarta International Stadium rencananya dibangun tiga lantai. Kursi stadion akan diberi warna oranye, putih, dan abu-abu. Dari sisi lapangan, tidak terlihat ada lintasan lari yang akan membuat Jakmania lebih dekat dengan pemain yang bertanding, seperti saat masih menggunakan Stadion Lebak Bulus, Jakarta Selatan.

Stadion juga dipastikan ramah bagi difabel. Hal itu terlihat dari rancangan desain yang mengakomodir akses bagi difabel. Sementara itu di luar stadion akan dilengkapi dengan lapangan latihan dan taman. Terdapat juga area komersil. Selain itu, stadion ini juga akan terhubung dengan Danau Sunter Utara dan menjadi satu kawasan. [kumparan]

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *