Datang Yuk, Ke Festival Batik On The Sea 2019 Di Pantai Slopeng, Sumenep

Sumenep, Perpek Media – Festival Batik On The Sea di Event Visit Sumenep 2019 bakal segera digelar. Pemerintah Kabupaten Sumenep, juga bakal menggelar parade layang-layang batik Madura dalam rangka Sumenep Batik On The Sea 2019 tersebut.

Rencananya, festival Batik On The Sea ini akan digelar di Pantai Slopeng, Desa Semaan, Kecamatan Dasuk, pada Sabtu 27 Juli 2019 nanti. Lalu apa saja yang akan disuguhkan kepada para pengunjung?..

Selain festival Batik On The Sea dan parade layang-layang batik dengan corak 2 hingga 3 dimensi, pengunjung juga akan disuguhi dengan pameran batik dan lomba fotografi. Dan yang paling hits, pengunjung akan disuguhi fashion batik kompetisi diatas pantai.

Salah satu panitia pelaksana kegiatan, Novi Sujatmiko mengatakan, pagelaran Batik On The Sea ini merupakan gagasan dalam memelihara budaya batik serta menjaga permainan tradisional di era digital sebagai pemersatu.

“Kenapa begitu, karena kegiatan ini untuk memperkenalkan keindahan pariwisata pantai yang digabungkan dengan keluhuran budaya batik serta seni layang layang sebagai sebuah permainan tradisional,” terangnya.

Sementara, Ketua Pelaksana Batik On The Sea Sigit Tri Atmoko mengatakan, parade layang-layang bercorak 2 dan 3 dimensi itu sebagai sebuah bentuk event kebudayaan atau ritual tertentu.

Parade layang-layang, lanjut Sigit, juga bisa disebut sebagai kegiatan yang menggabungkan antara keindahan seni layang-layang dan tradisi batik.

“Selama ini layang-layang dikenal dengan permainan tradisional. Bahkan ada juga yang dianggap sebagai permainan daerah. Nah hal itu yang akan kami suguhkan nanti di acara Batik On The Sea dengan corak khas batik,” jelasnya.

Adapun tujuan dari kegiatan ini yakni untuk memperkenalkan keindahan pariwisata pantai yang digabungkan dengan keluhuran budaya batik serta seni layang layang sebagai sebuah permainan tradisional.

Selain itu juga sebagai media untuk membangun daya tarik pariwisata pantai dan untuk mengenalkan batik dari berbagai pengraijin yang berada di Madura.

“Kami berharap, kegiatan ini sebagai uapaya untuk memelihara budaya batik dan memelihara permainan tradisional sebagai alat pemersatu di era milenial ini,” jelasnya.

Acara ini nanti akan dihadiri oleh Bupati dan Wakil Bupati Sumenep, Kepala Disparbudpora Provinsi Jawa Timur, pecinta fashion show se- Jawa Timur, Kepala Disparbud se- Jawa Timur, pengusaha se- Indonesia.

Selain itu juga akan dihadiri oleh pengrajin batik se- Jawa Timur, perancang busana se- Jawa Timur, fotografer se- Jawa Timur dan pecinta tradisional layang-layang se- Jawa Timur.

Sumber : kabarjatim.com

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *