Aliran Batang Kapur Limapuluh Kota Dengan Ragam Pesona

Sumbar, Perpek Media – Selain terkenal sebagai penghasil gambir dan karet, Kapur IX Juga menyimpan pesona wisata adat, budaya dan alam yang tidak kalah menarik dari daerah lain. Sayang masih belum banyak terekspos ke publik. Salah satunya Pesona Aliran Batang Kapur Menuju Candi Muara Takus.

Batang Kapur, sungai yang mengalir di Kapur IX Limapuluh Kota berhilir ke Batang Kampar menyimpan beragam pesona menarik. Aliran sungai nan jernih dengan indahnya bebatuan alam memanjakan mata sepanjang perjalanan.

Masyarakat Muaro Paiti Kapur IX sehari hari sudah biasa dengan jalur sungai ini menuju Muaro Takus Kabupaten Kampar. Dengan sampan bermesin tempel mereka pulang pergi.

Seperti suasana lebaran saat ini, Masyarakat daerah ini masih banyak memiliki tautan kerabat dan sanak saudara dengan warga Kabupaten Kampar Riau. Jalan manjalanng alias saling kunjung melewati sungai salah satu metode yang mereka tempuh.

Rute dari Palolan Muaro Paiti Ke Candi Muaro Takus sangat cocok dikembangkan untuk wisata baru di Limapuluh Kota.

Awal perjalanan kita naik di atas sampan segol atau sampan bermesin tempel mulai dari palolan di muaro paiti, nanti kita akan mngikuti aliran sungai batang kapur. Sepanjang perjalanan itu kita akan di suguhkan oleh pemandangan alam yang sangat indah, dimulai dari pemandian air panas, lompatan kancil,batu ladiang, batu hidung dan sampai bermuara di aliran sungai batang kampar.

Di sepanjang perjalanan kita juga bisa melihat kebun gambir warga yang indah dan perbukitan yang menyejukan mata.

Lompatan kancil : adalah nama yang di berikan oleh warga sekitar karena aliran sungai pas melewati kawasan tersebut sempit sehingga diibaratkan bisa di lompati oleh kancil jika hendak menyeberang. Makanya namanya lompatan kancil karena lebar sungai yang tidak begitu lebar.

Nagari Muaro Paiti Kecamatan Kapur IX Limapuluh Kota berjarak sekitar 75 km dari Kota Payakumbuh. Dari Pasar Pangkalan sekitar 23 km dengan kondisi jalan sudah cukup bagus. Bagi yang berminat menikmati pesona Batang Kapur menuju Muaro Takus bisa lansung datang ke kantor Walinagari Muaro Paiti untuk mendapatkan panduang lebih lengkap. (*)

*Sumber : beritasumber.com

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *