Tidak Nyaman Di Awal Kehamilan, Anda Bisa Lakukan Olahraga Ini

Perpek Media – Berbagai gejala yang ditimbulkan oleh kehamilan, seringkali membuat wanita merasa tidak nyaman. Mulai dari morning sickness hingga kelelahan yang muncul karena perubahan dalam fisik ibu. Untuk mengurangi rasa tidak nyaman di awal kehamilan, Anda bisa melakukan olahraga atau latihan fisik.

Sebenarnya ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk mengurangi gejala-gejala kurang nyaman ini. Namun berikut ini akan dijelaskan cara menanggulanginya dengan cara olahraga. Di bawah ini adalah olahraga atau kegiatan fisik yang baik dilakukan di trimester pertama, seperti dilansir dari situs Healthline.

Senam Aerobik Ringan

Banyak sekali manfaat yang didapat dari senam aerobik ringan. Di antaranya seperti meningkatkan kadar oksigen, mencegah ambeien, meningkatkan kekuatan otot serta membakar kalori. olahraga ini meliputi gerakan-gerakan menarik napas yang meningkatkan kerja jantung.

Berjalan

Berjalan adalah olahraga paling mudah dan praktis untuk dilakukan. Dengan berjalan, tak terasa kalori dalam tubuh ibu akan terbakar tanpa melakukan kegiatan fisik yang berat. Tapi usahakan untuk menggunakan sepatu yang nyaman dan jangan berjalan terlalu jauh.

Berenang

Berenang dapat meregangkan otot-otot Anda, sehingga akan mempermudah saat proses kelahiran. Melakukan olahraga ini minimal tiga kali seminggu selama 20 menit dapat menjaga bentuk tubuh Anda tetap bagus.

Bersepeda

Selain mudah, bersepeda juga bagus untuk dilakukan di trimester pertama. Kegiatan ini dapat mengurangi ketegangan pada organ-organ kehamilan. Bagi ibu hamil yang merasa malas untuk berolahraga, bersepeda adalah alternatif yang mengasyikkan. Selain itu, bersepeda juga mencegah ibu agar tidak mudah terluka.

Yoga dan Teknik Relaksasi

Yoga dan relaksasi dapat membantu Anda merasa lebih nyaman. Selain itu, teknik ini juga dapat mempermudah proses kelahiran. Kegiatan ini dapat menurunkan stress dan kondisi fisik yang kurang nyaman. Kegiatan ini juga membantu meningkatkan kemampuan fisik dan mental.

Senam Pilates

Senam pilates bisa memperkuat otot-otot, mempertahankan bentuk badan dan mencegah rasa sakit serta penambahan berat badan. Sering-seringlah menghadiri latihan senam ini dan meminta kepada instruktur pelatihan senam untuk ibu hamil. Karena senam ini sangat baik dilakukan terutama di trimester pertama.

Stretching

Stretching sangat baik dilakukan saat trimester pertama. Dalam sehari, Anda dapat melakukan stretching sebanyak yang Anda bisa. Latihan fisik ini juga dapat dilakukan setiap akan melakukan olahraga lain. Kegiatan ini dapat menurunkan risiko terjadinya luka dan komplikasi saat hamil maupun melahirkan.

Senam Kegel

Senam ini dapat memperkuat otot-otot yang bekerja saat proses melahirkan. Selain itu juga dapat menunjang bentuk tubuh dan mengurangi rasa sakit serta mencegah kelebihan berat badan bagi wanita hamil.

Itulah beberapa olahraga yang baik dilakukan selama trimester pertama atau tiga bulan awal kehamilan. Namun, untuk tips kesehatan yang paling sesuai dengan Anda, ada baiknya jika mengonsultasikannya lebih lanjut dengan dokter.

*Sumber : fimela

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *