Lagu ‘Sebe Ye Allah’ Yang Menggemparkan Dunia

Perpek Media – Kuasa ALLAH memang Mahaluas dan tiada berbatas. Dia memberikan karunia dan hidayah kepada siapa yang DIA kehendaki. Tak ada yang menyangka bahwa penyanyi Reggae terkenal sekelas Alpha Blondy dan bandnya The Solar System menyanyikan lagu ‘Tauhid’ di acara Festival Reggae.

Ya. Belum lama ini Alpha Blondy dkk membuat heboh dunia dengan aksi livenya menyanyikan lagu ‘Sebe Y’e ALLAH’ di acara Afrika Festival, 8 Juli 2018 lalu.

Blondy yang dijuluki ‘The African Bob Marley’ itu berhasil memikat hati umat muslim dan memukau pecinta musik Reggae di dunia. Lewat lagu ‘Sebe Y’e ALLAH’, Alpha Blondy dkk dinilai telah berkontribusi besar mengenalkan Islam yang damai ke seluruh dunia.

Lirik lagunya yang bercerita tentang kekuasaan ALLAH menuai banyak pujian dan apresiasi umat muslim di dunia. Bagi umat muslim tentu lagu Blondy ini menjadi syiar dan pesan indah untuk dunia. Apalagi lirik bernafaskan Islam jarang dibawakan di acara konser seperti Festival Raggae.

Ketika bernyanyi di atas panggung, Alpha Blondy mengawali lagunya dengan kalimat Tauhid “La ilaha illallah Muhammadur Rasulillah”. Kemudian ia mengentak panggung dengan lirik ‘Sebe Y’e ALLAH’ (Allah memiliki kekuatan segalanya).

Lagu yang luar biasa dan tergolong sangat unik di dunia musik sekelas Reggae. Dalam video yang diunggah Akun Youtobe ‘Afrikafestival Hertme’, lagu ‘Sebe Y’e ALLAH’ Blondy sudah ditonton 18.043.824 viewers sejak dipublish 10 November 2018.

Beragam komentar datang dari penjuru dunia. Seperti Akun @habil khan yang menulis: “I love Allah Allah is Rahman and rahim from India”.

Akun @bukhaari Abdi Adam: “I am Somali Love allah and mohammed Rasullulah”. Ada juga dari Thailand @karimkrabi berkomentar: “love Allah love rasul Allah, From Muslim Thailand”.

Selain itu, akun @Nabil Baskou menulis: “ALPHA THE LEGEND 1986 CASABLANCA WE LOVE YOU MOROCCO ❤ MAMA AFRICA”. Bahkan pujian datang dari pemilik akun @tako kuxianidze: “I’m from Georgia. Christian Country. Love this songs”.

Tak ketinggalan dari Indonesia, @Joul Adinda: “Saya muslim Bali indonesia sangat bagus music dan syairnya. Tahun 2019 yang dengar mana suaranya”. Dan masih ada sekitar 7.000 lebih komentar lainnya dari netizen.

Sosok Alpha Blondy
Alpha Blondy bernama kecil Seydou Kone lahir pada 1 Januari 1953 dari seorang ibu Muslim dan seorang ayah Nasrani di Dimbokro, Pantai Gading. Dia diasuh oleh seorang nenek yang mengajarkan untuk mengasihi semua orang.

Pada tahun 1973 Seydou pindah ke New York (6 bulan di Texas), untuk kuliah dan mengambil jurusan bahasa Inggris. Di New York ia memulai karier sebagai penyanyi, dan menggunakan nama ‘Alpha Blondy’.

Setelah sukses dan tampil berbagai acara di TV Kassi, Blondy merekam album solo pertamanya pada tahun 1982, berjudul ‘Jah Glory’. Sejak 1980 ia telah menulis sedikitnya 17 album dan 194 judul.

Alpha Blondy tidak hanya populer di Pantai Gading, tetapi menjadi bintang Reggae Dunia karena perjuangannya mengampanyekan perdamaian dan persatuan di seluruh dunia.

Ketika bernyanyi, dia sering menggunakan bahasa aslinya Dioula, juga Prancis dan Inggris, dan kadang-kadang dalam bahasa Ibrani. Kebanyakan liriknya menyampaikan sikap politik dan disisipi humor.

Alpha Blondy menjadi Duta Besar Perdamaian PBB untuk Pantai Gading pada tahun 2005. Dia membuat usaha besar membawa solusi damai untuk negaranya pada tahun 2001.

Pada Maret 2007 perjanjian damai ditandatangani dan Alpha Blondy berfokus kepada urusan non Pemerintah dan non Politik. Dia memiliki Yayasan Amal bernama Jah Glory Foundation yang bekerja untuk mengakhiri ketidakadilan sosial dan kemiskinan.

Inilah Arti Lagu Sebe Ye ALLAH:

Lailaha Ilallah Muhammad Rasulillah
Muhammad Rasulillah
Allah memiliki kekuatan
Allah memiliki kekuatan segalanya
Allah memiliki kekuatan segala-galanya
Allah memiliki kekuatan segalanya

Raga yang kumiliki,
Raga yang kau miliki,
Allah yang menciptakan

Jiwa yang didalam dirimu,
Jiwa yang didalam diriku,
Allah juga yang menciptakan

Raga yang kumiliki,
raga yang kau miliki,
Allah yang menciptakan

Jiwa yang didalam dirimu,jiwa yang didalam diriku,
Allah juga yang menciptakan

Ada matahari, ada bulan, dan ada angin di sini.
Ada manusia, ada binatang, dan ada yang jenius di antara kita. Ada angin, ada matahari, ada angin di sini

Allah memiliki kekuatan, Allah memiliki kekuatan segalanya
Allah memiliki kekuatan, Allah memiliki kekuatan segalanya

Saya bersaksi Tuhan kekuatan segalanya
Saya bersaksi Tuhan kekuatan segala-galanya.
Berdoalah, Berdoalah semuanya
Berdoalah minta ampunan kepada Tuhan

Ada tanah di bawah kita
Ada langit di atas kita

Saya bersaksi Tuhan kekuatan segalanya
Saya bersaksi Tuhan kekuatan segala-galanya.

Lirik Asli SEBE YE ALLAH
La ila ilalao Mahamadou rassoulilaMahamadou rassoulila
Sebe Alla ye, sele Allah ye… se
Sebe Alla ye, sele Allah ye se
Sebe Alla ye, sele Allah ye, ye se
Sebe Alla ye, n’ko sébé Allah yé sé
Se mibi neye
Se mibi neye
Allah kodi ileda
Ni mi-bi ilela
Ni mi-be nela
Allah kohodo anougou la
Se mibi ileye
N’ko se mibe n’neye
Massa ko oni annougoula

Tere beye
Kalo beye
Fôgnon ni dji beyan
Mogohou beye
Sogohou beye
Djinanhou fanan behantcheman
Tere beye
Kalo beye
Fognon ni dji beyan
Mogohou beye
Sogohou beye
Djinanhou fanan béhantchêman

N’ko sebe Allah ye, sebe Alla ye se
Sebe Allah ye, sebe Allah ye se
Sebe Allah ye se, Sebe Allah ye se, se, se
Sebe Allah ye se, Sebe Allah ye se
Seri seri, n’gouye seri n’teri
Seri seri Allah dari n’teri

Dougoukoro be anse koro
Sangoro beankounan
Dougoukoro beanse koro
Lolohou beankounan
Seri seri, n’gouye seri n’teri
Seri seri massa dari n’teri

*Sumber : Sindonews.com

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *