Festival Pencak Silat Tradisional Betawi 2019 Di Lapangan Tebaci Jakarta Barat, Diapresiasi Camat Kalideres

Jakarta, Perpek Media – Camat Kalideres H.Naman mengapresiasi Acara Festival Pencak Silat Tradisional Betawi 2019 Tabaci Kalideres yang di selengarakan oleh Badan Musyawarah Betawi (Bamus Betawi) di Kampung Tabaci Jalan Utan Jati Kelurahan Pegadungan Kecamatan Kalideres Jakarta Barat (14/12/2019)

Camat Kalideres H.Naman mengatakan, di wilayah Kecamatan Kalideres ini memang masih mempertahankan Budaya Betawi hal itu bisa di lihat dari antusias masyarakat yang mengikuti acara ini, dan berbagai ragam budaya khas Betawi yang di tampilkan diantaranya Silat Betawi dan berbagai khas Betawi. kata camat

Camat menjelaskan, ide atau gagasan ini muncul dari Badan Musyawarah Betawi (Bamus Betawi), kenapa lokasinya di jalan utan jati, disini ada yang unik. Yakni, kampung Tabaci membawa sejarah, dengan kegiatan ini bisa mengangkat nama Tabaci bukan hanya di wilayah Kalideres tapi di seluruh Jakarta dan di seluruh Indonesia.

“Pada acara ini banyak sekali menampilkan pernak pernik khas budaya Betawi diantarnya ada Ondel-ondel Betawi, Dodol Betawi ada Kerak Telor khas betawi dan banyak lagi khas Betawi yang lainnya.” Kata Camat

Camat menuturkan, yang pertama tujuannya melestarikan budaya Betawi yang hampir punah di tengah arus modern saat ini, dan yang menjadi icon di lokasi ini ada Replika Rumah Kebaya Betawi yang masyarakat hampir lupa dengan yang namanya Rumah kebaya Betawi, disini kita tampilkan walaupun itu hanya dalam bentuk Replika, ujarnya.

H. Naman berharap kepada seluruh masyarakat terutama kaum milenial untuk tidak bosan mengangkat Budaya Betawi di tengah arus budaya global, yang salah satunya pencak Silat Betawi yang sangat melekat dengan Budaya Betawi tetap harus di angkat di skala Nasional maupun di kancah Internasional. Pada kesempatan itu ketua Dewan Kota Subur. ST juga mengapresiasai atas digelarnya acara Festival Pencak Silat Betawi 2019 yang diselenggarakan oleh Bamus Betawi di kecamatan kalideres.

“Kami sangat mengapersiasi atas diselenggarakannya acara Festival Pencak Silat Betawi 2019 ini, karena acara ini salah satu wujud kecintaan kita pada Budaya Betawi.” Kata Subur.

Lebih lanjut subur mengatakan, karena di tengah arus global dan moderen ini kita sebagai Putra Betawi harus menjunjung tinggi dan terus melestarikan identitas kita sebagai orang Betawi.

Ia berharap generasi muda terus berinovasi melakukan pelestarian budaya Betawi di sendi kehidupan masyarakat Jakarta dan terus mengangkat Kebudayaan Betawi di kancah Nasional dan Internasional. pungkas Ketua Dewan Kota Subur.ST. (AMR)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *