WhatsApp Bakal Hentikan Layanan Di Sejumlah Ponsel Februari 2020, Cek Apakah Ponselmu Termasuk

Jakarta, Perpek Media – Mulai 1 Februari 2020, WhatsApp bakal menghentikan dukungan layanan perpesanan instan di sejumlah ponsel Android dan iOS.

Ponsel yang tidak lagi bisa menggunakan layanan WhatsApp adalah yang hingga saat ini masih menggunakan sistem operasi (OS) lawas.

Untuk ponsel dengan OS Android yang tidak bisa menggunakan layanan WhatsApp per Februari 2020 adalah ponsel Android versi Gingerbread (2.3.7) atau yang lebih lawas.

Gingerbread merupakan sistem operasi yang diluncurkan oleh Android tahun 2010. Jadi, untuk bisa menggunakan WhatsApp, pengguna minimal harus memiliki Android dengan sistem operasi Ice Cream Sandwich.

Sedangkan untuk ponsel iPhone yang masih menggunakan iOS versi 8 ke bawah, misalnya iOS 7, juga tidak akan bisa menikmati layanan WhatsApp pada Februari 2020 nanti.

Artinya, pengguna iPhone dengan sistem operasi iOS 9 ke atas maupun versi yang lebih baru tidak perlu khawatir akan kehilangan WhatsApp. Meski demikian, WhatsApp menganjurkan untuk menggunakan iOS versi terbaru untuk pengalaman terbaik.

Cara Cek Ponsel yang Masih Bisa Pakai WhatsApp Februari 2020 Nanti

Terkait kebijakan tersebut, WhatsApp pun menyarankan para pengguna untuk memperbarui ponsel mereka, agar tetap bisa menikmati layanan perpesanan populer ini. Jika kamu belum tahu apakah ponselmu termasuk salah satu ponsel yang dimatikan dukungannya oleh WhatsApp, simak cara mengecek versi OS ponsel di bawah ini.

Android

  • Buka menu “setting” atau “setelan” di ponselmu
  • Klik “about phone” atau “tentang ponsel”
  • Klik “software info” atau “informasi perangkat lunak”

Pengguna akan disodorkan tampilan yang memuat segala informasi tentang smartphone, termasuk versi OS Android yang membekali ponsel tersebut.

iOS

  • Buka menu “setting” atau “setelan” di iPhone-mu
  • Klik menu “general” atau “umum”
  • Klik menu “about” atau “mengenai”

Semua informasi rinci terkait iPhone yang kamu gunakan akan ditampilkan, termasuk versi iOS. Perlu dicatat, di beberapa iPhone, pengguna bisa melihat informasi yang tercantum di halaman “About” tadi setelah meng-klik menu “General”.

Di Seluruh Dunia

Melalui halaman resminya, WhatsApp mengungkapkan bahwa kebijakan penyetopan layanan di OS lawas ini akan berlaku untuk seluruh perangkat di seluruh dunia.

Selain Android dan iOS, WhatsApp juga menghentikan dukungannya untuk seluruh ponsel yang menggunakan sistem operasi Windows Phone. Mulai 31 Desember 2019 mendatang, aplikasi WhatsApp tidak akan lagi dapat digunakan pada ponsel dengan sistem operasi Windows Phone.

*Sumber : (dwk/teknologi.id)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *