Tanpa Peserta, Pengibaran Bendera di Kantor Walikota Jakarta Utara Berjalan Hikmat

Jakarta, Perpek Media – Pengibaran Bendera Pusaka dalam rangka peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia ke-76 di Kantor Walikota Administrasi Jakarta Utara berjalan hikmat meski tanpa peserta, Selasa (17/8/2021) Pengibaran Bendera Pusaka dilakukan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) yang telah mengenyam pelatihan dan pembinaan intensif sejak sepuluh hari terakhir.

Kepala Seksi Pemuda, Suku Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Administrasi Jakarta Utara, Tri Mursilah mengucap syukur atas terselenggaranya pengibaran Bendera Pusaka dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia ke-76 di Lapangan Plaza Barat, Kantor Walikota Administrasi Jakarta Utara. Kegiatan ini dipastikan hanya diikuti Paskibraka, pelatih dan pengawas dari Purna Paskibraka Indonesia (PPI) Kota Administrasi Jakarta Utara tanpa dihadiri peserta.

“Alhamdulillah pengibaran Bendera Pusaka Tahun 2021 pada HUT (Hari Ulang Tahun) Republik Indonesia ke-76 sudah berjalan sukses walaupun tidak ada peserta. Jadi ini hanya berupa pengibaran bendera saja bukan upacara,” kata Tri saat ditemui di Kantor Walikota Administrasi Jakarta Utara, Selasa (17/8/2021)

Dia juga menjelaskan, pengibaran Bendera Pusaka ini tetap mengedepankan protokol kesehatan sebagai upaya pencegahan penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19). Setiap anggota Paskibraka maupun anggota PPI Kota Administrasi Jakarta Utara pun sebelumnya telah menjalani tes usap (swab) polymerase chain reaction (PCR) dan mengikuti vaksinasi Covid-19.

“Mudah-mudahan kedepannya pandemi Covid-19 segera berakhir karena ke depannya Paskibraka masih bertugas mengibarkan bendera pada hari besar nasional lainnya. Mereka memiliki tujuh tugas negara selain Hari Kemerdekaan Indonesia, seperti Hari Sumpah Pemuda, Hari Pahlawan, Hari Ibu, Hari Pendidikan Nasional, Hari Kebangkitan Nasional, dan Hari Lahir Pancasila,” jelasnya.

Secara teknis, Ketua PPI Kota Administrasi Jakarta Utara Satriya Nico Firdaus memastikan Peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia ke-76 ini dilaksanakan dengan sangat sederhana. Berbeda saat sebelum pandemi Covid-19, peringatan Hari Kemerdekaan kali ini hanya dilaksanakan dengan cara pengibaran Bendera Pusaka tanpa dihardiri peserta, pembacaan teks proklamasi, pembacaan teks Pancasila, hingga pembacaan Undang-Undang Dasar 1945.

“Paskibraka itu dididik harus selalu siap, siap pengibaran maupun siap tidak pengibaran. Secara teknis pengibarannya adalah pengibaran sederhana. Hanya sebatas pengibaran Bendera Pusaka dilanjutkan dengan pambacaan doa tanpa dihadiri peserta,” tutupnya. (*/Antoni)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.