Membentuk Sikap Disiplin Sejak Dini

Magelang, Perpek Media – Dalam membentuk kedisiplinan, melatih kekompakkan dan loyalitas, menumbuhkan sikap jasmani yang tegap, tangkas, rasa persatuan dan rasa tanggung jawab serta dapat dipercaya sejak dini, Babinsa Koramil 20/Salaman Kodim 0705/Magelang Sertu Nur Huda melatih PBB di SDN 1 Paripuno Desa Paripurno Kecamatan Salaman, Selasa (8/1/2019).

Pelatihan PBB (Peraturan Baris Berbaris) sebagai wujud latihan fisik guna menanamkan kebiasaan dalam tata cara kehidupan yang diarahkan untuk terbentuknya watak seseorang agar memiliki disiplin yang tinggi. Dari sinilah langkah awal bagi anak-anak sekolah untuk mengenalkan kedisiplinan dan kebersamaan.

Babinsa Koramil 20/Salaman Sertu Nur Huda mengatakan,” Bahwa dengan dilatihkannya PBB kepada siswa-siswi diharapkan para siswa-siswi dapat mengerti maksud dari pelatihan PBB tersebut dan mampu menerapkannya disekolah maupun di lingkungan tempat tinggal masing-masing, PBB juga memiliki manfaat yang sangat berguna bagi anak-anak sekolah, yaitu melatih daya konsentrasi, belajar mendengar dan patuh serta belajar untuk diam dan mengatur emosi,” terangnya.

Sertu Huda menambahkan, kegiatan ini juga dilaksanakan sebagai wujud kepedulian Koramil 20/Salaman dalam dunia pendidikan dan merupakan rasa tanggung jawab TNI khususnya TNI AD dalam mempersiapkan generasi muda untuk menghadapi tantangan hidup di dimasa depan maupun masa yang akan datang.

Sementara Ami siswi kelas V di sekolah tersebut mengaku belum mengetahui caranya baris-berbaris.

“Sebelum dilatih oleh TNI kami belum mengerti tentang Peraturan Baris Berbaris (PBB), setelah dilatih oleh TNI kami baru mengerti dan dijelaskan setiap gerakan dan sikap dalam PBB tersebut,” kata Ami. (red/Pandji Indonesia)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *