Pemkot Mataram Akan Bebaskan Lahan Di Lingkar Selatan

Mataram, Perpek Media – Pemkot Mataram berencana akan membebaskan lahan di jalan by pass Kelurahan Jempong baru. Pembebasan lahan itu untuk membangun hutan kota.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Mataram, Ir. H. Mahmuddin Tura membenarkan adanya rencana pembangunan hutan kota tersebut. Dijelaskan, selain melengkapi persyaratan Peraturan Daerah (Perda) Nomor 12 Tahun 2011 tentang Rencana Tata Ruang Daerah, hutan kota ini, juga mendukung keberadaan monumen dan gerbang di Lingkar Selatan.

“Iya, memang ada rencana membangun hutan kota di Lingkar Selatan,” jawabnya Kamis, 10 Januari 2019. Mahmuddin memberikan gambaran bahwa lahan dibutuhkan untuk hutan kota sekitar 3 hektar. Dia tidak menyebutkan, total anggaran untuk pembebasan lahan. Nantinya tergantung hasil penilaian tim appraisal.

Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman, H. Kemal Islam mengatakan hal sama. Pembangunan hutan kota menjadi keinginan Pemkot Mataram dan diminta untuk pembebasan lahannya.

Fokusnya saat ini tambahnya, proses pembebasan lahan. Kemal tidak mengetahui berapa luas lahan yang akan dibebaskan. “Yang jelas 35 meter timur ke barat dikalikan 800 meter,” jelasnya.

Tak jauh seperti disampaikan Mahmuddin. Pembangunan hutan kota ini juga untuk memenuhi persyaratan keberadaan ruang ruang terbuka hijau.

Di samping itu kata Kemal, pemerintah ingin memperindah Kota Mataram. Terkait pedagang kreatif lapangan (PKL) diserahkan ke Sat Pol PP untuk mengatur hal tersebut. (suarantb)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *