Gerakan Senam Mata Untuk Mengatasi Mata Lelah

Perpek Media – Apakah Anda pernah menemukan diri memicingkan dan menggosok mata Anda setelah berjam-jam memelototi layar komputer? Jika ya, Anda tidak sendirian. Mata terasa panas terbakar, kering atau berair, penglihatan kabur, gatal, dan lelah. Belum lagi ditambah dengan rasa sakit di daerah leher, bahu, dan punggung. Ini adalah kondisi umum tetapi jarang serius. Dalam artikel ini, kita akan membahas enam latihan senam mata dasar untuk membantu Anda meringankan keluhan mata lelah.

Gerakan senam mata untuk mengatasi sindrom mata lelah

Ketika Anda melakukan gerakan-gerakan ini, jaga kepala Anda tetap di tempat, lemaskan bahu, bernapas dengan mantap, dan hanya gerakkan mata Anda. Dan jangan lupa: selalu cuci tangan sebelum Anda menyentuh mata.

1. Sauna telapak tangan

Gosok kedua telapak tangan bersama-sama sampai terasa hangat. Kemudian, tempatkan kedua tangan dengan lembut menutupi kedua mata; ujung-ujung jari beristirahat di dahi, telapak tangan pas di atas mata, dan tumit tangan bertumpu pada pipi.

Jangan langsung menyentuh bola mata, tapi lowongkan sedikit ruangan sambil tetap memungkinkan kedua tangan berfungsi sebagai tirai untuk menciptakan kegelapan di depan mata. Tutup mata Anda, bernapas dalam-dalam, dan rileks.

Lemaskan mata dan nikmati waktu istirahat dari stimulasi visual ini. Teruskan palming sampai Anda merasa baikan — beberapa detik hingga lima menit. Saat Anda siap untuk membuka mata, perlahan lepaskan “tirai” telapak tangan dan buka kedua mata.

2. Memutar mata

Duduk tegap, tulang belakang memanjang, dan bernapas santai. Lembutkan pandangan Anda dengan melemaskan otot-otot mata dan wajah. Arahkan pandangan Anda ke langit-langit. Lalu, perlahan, gerakkan mata melingkar searah jarum jam, seolah menggambar sebuah lingkaran sebesar mungkin.

Perlahan, fokuskan pandangan pada obyek-obyek di sekitar jarak pandang selama Anda melakukan putaran ini. Lakukan terus sampai gerakan mata terasa halus dan lancar. Ulangi tiga kali, tutup mata, dan rileks. Ketika Anda siap, ulangi gerakan mata dari awal sebanyak tiga kali, tapi dengan arah yang berlawanan.

3. Gonta-ganti fokus

Lemaskan tubuh dan bernapas dengan santai. Luruskan satu lengan dengan kepalan tangan longgar tepat sejajar di depan mata; buka ibu jari mengarah ke atas. Fokuskan pandangan pada ibu jari Anda. Jaga agar pandangan tetap melekat pada ibu jari sambil perlahan-lahan tarik ibu jari mendekati hidung sampai Anda tidak lagi bisa fokus jelas mengarahnya. Tarik-buang napas dalam-dalam, kemudian kembalikan posisi lengan teregang seraya menjaga fokus melekat di ibu jari. Ulangi sepuluh kali.

4. Lihat jarak jauh

Istirahatkan pandangan Anda pada sebuah obyek yang jauh (jika Anda dalam ruangan, alihkan pandangan ke luar jendela, jika bisa). Fokus pada obyek tersebut sejelas mungkin sambil tetap menjaga mata dan wajah rileks. Ambil napas dalam-dalam, kemudian perlahan geser pandangan Anda ke sebuah obyek yang dekat dengan Anda.

Bayangkan mata Anda seolah menelan gambar yang Anda lihat. Teruskan memindahkan pandangan ke jarak jauh yang lebih bervariasi sambil sementara berhenti sejenak. Sebagai bonus tambahan, jika Anda melihat sesuatu yang sangat menyenangkan, senyumlah, nikmati pemandangan indah itu, dan bersyukur atas sepasang mata sehat kuat milik Anda.

5.Pijat wajah

Perlahan pijat dahi Anda dan sepanjang kedua alis juga daerah bawah mata dengan ujung-ujung jari. Pijat relaksasi wajah ini dapat membantu meringankan tekanan di otot wajah dan mata.

6. Melirik

Kadang, melirik kanan-kiri juga dapat Anda siasati sebagai olahraga untuk mata lelah. Sambil duduk santai, tutup mata Anda dan gerakkan mata ke atas sejauh yang Anda mampu. Tahan selama beberapa saat, kemudian turunkan “pandangan” ke bawah.

Ulangi beberapa kali kemudian buka mata dan lihat sekitar. Tutup mata Anda kembali. Sekarang, sambil tetap menutup mata, lirik ke kanan kemudian pindah ke kiri. Ulangi beberapa kali, ganti arah.

Cara cepat mengatasi mata lelah akibat layar komputer

Kami merekomendasikan Anda untuk meluangkan waktu untuk setidaknya mencoba salah satu trik di bawah selama 20-30 menit setiap beberapa jam sekali sementara seharian bekerja di depan layar komputer — atau di saat-saat tertentu yang membuat mata lelah.

  • Setiap 20 menit menatap layar komputer atau membaca, alihkan pandangan sejauh mungkin di kejauhan selama satu-dua menit.
  • Alihkan pandangan dari layar atau teks, bayangkan sebuah jam. Fokus pada titik pusat “jam”, kemudian geser pandangan di perpindahan jarum jam (menandakan sejam, misal lihat arah pukul 1) tanpa menggerakkan kepala Anda. Kembalikan pandangan ke titik pusat jam, alihkan lagi ke arah pukul 2. Lakukan 10 kali.
  • Gunakan mata Anda untuk “menulis” huruf di dinding yang jauh — jaga agar kepala tidak ikut bergerak.
  • Sering-sering berkedip, terutama jika Anda sedang menatapi layar komputer atau menggunakan kontak lensa. Ini terdengar seperti tugas sederhana, tetapi ketika Anda butuh fokus pada layar komputer, hal remeh seperti berkedip pun bisa lupa untuk dilakukan.

Sama halnya dengan tubuh yang perlu olahraga dan asupan gizi, mata juga begitu! Sepasang mata sehat memerlukan makanan yang sehat. Anda banyak makanan yang menyehatkan mata, dan Anda bisa dengan mudah memasukkannya ke dalam menu makan Anda sehari-hari.

Dengan menggabungkan senam mata dan asupan gizi seimbang, Anda dapat meningkatkan produktivitas Anda, menghilangkan sakit kepala dan kekeliruan bekerja akibat mata lelah, dan bahkan mungkin mengurangi risiko Anda terhadap glaukoma.

Sumber : hellosehat.com

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *