Kemendikbud Resmikan Gedung Laboratorium Seni Di Smansa Sekayam

Kalbar, Perpek Media – Direktur Kesenian RI DR. Restu Gunawan M .hum meresmikan Gedung Laboratorium Seni di Smansa Sekayam, Kalimantan Barat, pada Sabtu (16/02/2019).

Peresmian ini dihadiri oleh Direktur Kesenian RI DR.Restu Gunawan,M.hum, Kabid Kebudayaan Kalimantan Barat Suhardi, mpd, Eka Ari Saputra Staf Ahli SDM, Joko Priyanto, Spd Kepala Sekolah Smansa Sekayam, Camat Sekayam yang mewakili, Danramil Sekayam yang mewakili, Kapolsek Sekayam yang mewakili, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda dan para tamu undangan lainnya.

Rombongan tamu yang datang ini disambut dengan tarian dari komunitas tampunjuah sekayam dibawah pimpinan Herman. Para tamu diiringi tarian tampujuah dari pertama turun dari mobil sampai ke tempat acara. Sesampai di tempat acara para tamu dipersilahkan makan siang bersama.

Acara dimulai jam 13.00 ditandai pemotongan pita oleh Suhardi, Mpd selaku Kabid Kebudayaan Kalimantan Barat para tamu dipersilahkan duduk di dalam gedung laboratorium seni.

Adapun susunan acaranya yaitu : 1. Pembukaan 2. Menyanyikan Lagu Indonesia Raya 3.pembacaan doa dipimpin oleh bapak Drs yakob 4. Sambutan dan laporan kepala SMA Negeri 1 sekayam bapak joko priyanto S. Pd 5.hiburan :tari kain pusaka dayak 6. Sambutan bupati sanggau yang mewakili 7. Hiburan: permainan alat musik Sape 8.Sambutan kepala dinas pendidikan dan kebudayaan provinsi kalimantan barat 9.Sambutan Direktur kesenian kementerian pendidikan dan kebudayaan republik indonesia dilanjutkan pemukulan gong 10.Hiburan : tari kolaborasi 11.Hiburan :pertunjukan teater 12.Penutup .

Selesai acara dilaksanakan Tim Lapan6online menanyakan setelah diresmikan gedung laboratorium seni dan budaya di Smansa Sekayam ini harapan kedepan nya bagaimana? Direktur Kesenian RI menjawab,”Kontek pendidikan karakter bahwa kesenian itu menjadi pilar yang sangat penting makanya kita mengajak anak-anak ini untuk kembali mencintai tradisi kebudayaan nya belajar kembali tentang kesenian mengigat kebudayaan kita begitu banyak untuk mengolah olah rasanya dengan mereka mempunyai karakter yang kuat dia akan bisa memilah dan memilih mana kebudayaan nya yang cocok dengan budaya tradisi Indonesia,”tegas DR. Restu.

Lebih lanjut DR.Restu menambahkan bahwa,”Jadi bukan kita akan menolak semua kebudayaan asing tapi bagaimana disesuaikan dengan kondisi yang ada diindonesia sesuai dengan adap dan kebudayaan kita,” tambahnya.

Ditempat yang sama Tim Lapan6online meminta penjelasan dari Joko Priyanto selaku Kepala Sekolah Smansa Sekayam, ia mengatakan,”Alhamdulillah hari ini tanggal 16 Februari 2019 telah diresmikan Gedung Laboratorium Seni Budaya oleh Direktur Seni Budaya RI, “ jelas Joko Priyanto.

Joko Priyanto mengatakan bahwa,”Seperti sudah disampaikan tadi dari 12 itu kita adalah salah satunya yang diresmikan ada dikalimantan barat harapanya tentunya marilah kita bisa bermanfaat bagi anak didik kami hususnya siswa siswi yang ada diperbatasan maupun masyarakat yaitu sanggar komunitas budaya mari kita bisa menggunakan sama-sama fasilitas laboratorium yang ada ini dan mari kita merawat bersama-sama karena dengan adanya laboratorium seni budaya ini diharapkan bisa mengurangi hal-hal yang negatif pada anak muda sehingga bisa menyalurkan ekpresikan seni budaya mereka lewat gedung seni budaya ini sehingga bisa maksimal mungkin,” urai Joko.

Diakhir penjelasannya, Joko menambahkan,”Jarang ada wilayah yang mempunyai gedung seperti ini dan utk menampung aspirasi mengekspresikan masyarakat dibidang seni budaya. Ucapan saya bersyukur dan berterima kasih kpd masyarakat yang ada di sekayam sekitarnya telah mendukung kegiatan ini sehingga terlaksana berdirinya bangunan ini,” pungkas Joko Priyanto. Tim Lapan6online Sekayam Saepul/Ayep sprdn

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *