Demi Bertemu Pria Yang Pernah Selamatkan Hidupnya, Penguin Ini Berenang 5.000 Mil

Perpek Media – Seekor Penguin Magellan kecil Amerika Selatan berenang sejauh 5.000 mil ke sebuah pantai di Brasil. Perjalanan jauh tersebut dilakukan penguin itu setiap tahun demi bertemu kembali dengan seorang pria yang pernah menyelamatkan hidupnya. Kedengarannya seperti sesuatu dari dongeng, tapi itu benar!

Pria yang ditemui si penguin bukan seorang pejabat ataupun konglomerat, melainkan mantan tukang batu berusia 71 tahun dan nelayan paruh waktu bernama Joao Pereira de Souza.

Pada awalnya Joao yang tinggal di sebuah desa pulau di luar Rio de Janeiro, Brasil, menemukan seekor penguin Magellan kecil yang tergeletak di bebatuan di pantai setempat pada 2011 silam.

Penguin itu tertutupi minyak dan nyaris mati. Lalu Joao menyelamatkan penguin itu dengan membersihkan minyak dari bulunya dan memberinya makan ikan setiap hari agar cepat sehat. Lalu Joao memberi nama Din Din kepada penguin malang tersebut.

Setelah seminggu menjalani rehabilitasi, si penguin lucu ini dikembalikan lagi ke alam liar oleh Joao. Namun, Din Din sudah membentuk ikatan keluarga dengan penyelamatnya dan tidak mau pergi.

“Dia tinggal bersama saya selama 11 bulan dan kemudian, tepat setelah dia gantu bulu, dia menghilang,” kenang Joao.

Uniknya Din Din tidak pergi lama, beberapa bulan kemudian, dia kembali ke pantai yang sama untuk bertemu kembali dengan Joao dan tinggal bersamanya. Din Din kerap mengikuti Joao saat memancing dan bekerja.

Hebatnya, siklus ini terus berlanjut selama lima tahun terakhir. Setiap tahun Din Din menghabiskan sekitar delapan bulan bersama Joao sedangkan sisanya dihabiskan untuk berkembang biak di pantai Patagonia di Argentina dan Chili.

“Saya mencintai penguin ini seperti anak saya sendiri dan saya percaya penguin mencintai saya. Dia tidak suka jika ada orang lain yang menyentuhnya. Dia akan mematuk kepada siapa saja yang berani melakukannya. Dia berbaring di pangkuanku, membiarkan aku mandi dan ia senang diberi makan ikan sarden,” kata Joao.

“Semua orang mengatakan Din Din tidak akan kembali, tetapi dia telah kembali untuk mengunjungi saya selama lima tahun terakhir. Dia tiba di bulan Juni dan pulang pada bulan Februari. Dan setiap tahun dia menjadi lebih penuh kasih sayang karena dia tampak lebih bahagia melihatku,” ungkap Joao.

Profesor Krajewski, ahli biologi yang mewawancarai nelayan untuk Globo TV, mengatakan kepada The Independent: “Saya belum pernah melihat yang seperti ini sebelumnya. Saya pikir penguin percaya bahwa Joao adalah bagian dari keluarganya. Ketika penguin melihat Joao, dia mengibaskan ekornya seperti anjing dan bersuara dengan gembira.” []

*Sumber : Adaptnetwork

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *