Ribuan Pengunjung Meriahkan Pagelaran Seni Budaya Suku Minang

Perpek Media – Dalam acara kegiatan Pagelaran Seni Budaya Daerah etnis suka Minang Kab. Asahan, ribuan pengunjung turut memeriahkan pagelaran, Dengan beragam acara tarian adat minang, mampu mencuri perhatian ribuan pengunjung.

Dalam acara tersebut, turut hadir Kadis Pendidikan Kab. Asahan Drs. Sofyan Marpaung M.Pd mewakili Bupati Asahan, Ketua Panitia Pelaksana PSBD Rianto SH, MAP, Ketua Panitia Etnis Minang Bagindo Aminullah, Ketua BM3 Asahan Safnil S.Pd, Ketua BM3 Sumatera Utara Sabaruddin Ali serta para undangan lainnya, dalam acara tersebut.

Dalam acara Pagelaran Seni Budaya Daerah etnis suku Minang Kab. Asahan, di warnai beragam tampilan tarian, serta berbagai group yang dipimpin oleh Persatuan Keluarga Daerah Padang Pariaman (PKDP) Kab. Asahan, dalam acara Pagelaran Seni Budaya Daerah(PSBD) Kab. Asahan Ke-4 Tahun 2019, Rabu (4/11/19) malam di Lapangan Graha depan Terminal Madya Kisaran.

Ketua Panitia Pelaksana Kegiatan PSBD Kab. Asahan ke- 4 Tahun 2019, Rianto SH, MAP dalam kata sambutannya, mengucapkan terima kasih atas kegiatan pelaksanaan Kesenian dan Kebudayaan etnis Minang.

“Marilah kita, mencintai seni budaya yang kita miliki. Serta dapat melestarikan dan menumbuh kembangkannya ditengah-tengah masyarakat. Sehingga Kesenian Budaya kita dapat dikenal dan dicintai oleh masyarakat dan generasi muda kita, seru Rianto.

Selanjutnya, Rianto mengajak semua etnis yang ada, agar dapat menunjukkan jati diri serta bangga menjadi keturunan dari salah satu etnis/suku.

“Misalnya, saya bangga menjadi keturunan suku Jawa. Dimanapun saya berada di seluruh Indonesia, saya selalu katakan diri saya orang Jawa karena itulah jati diri saya sebagai keturunan Jawa, ujar Rianto.

Kemudian, Rianto mengajak etnis Minang agar dapat menunjukkan jati dirinya dan bangga menjadi keturunan orang dari suku Minang.

Disela-sela kegiatan, Ketua Panitia etnis suku Minang Bagindo Amirullah Piliang menguraikan, bahwa pada etnis suku Minang akan menampilkan beragam tarian ala Minang.

“Adapun pun tariannya sebagai berikut, tarian Pasambahan, tari lndang, tari Piring, tari Rantak, tarian Tambo tasa.

“Tarian persembahan merupakan tarian penyambutan dan juga penampilan kesenian irama minang (KIM), yang merupakan kesenian kebesaran suku Minang.

“Kesenian Irama Minang, pada PSBD yang ke-4 ini kami sengaja mengundang penggoncangnya langsung dari tanah minang yaitu saudara Syahrial.

“Pada kesenian KIM ( Kesenian lrama Minang), kami ada menyediakan hadiah yang nantinya akan dibagi ke masyarakat Asahan yang beruntung. Ada pun hadiahnya berupa televisi 24 inc, Kulkas, Sepeda, Dispenser dan hadiah hiburan, urai Amirullah.

Dalam harapan nya, Amirullah menyampaikan kepada Muda-mudi Minang, agar kembali lagi menghidupkan dan menggali serta mempelajari adat minang, supaya tidak hilang di telan jaman.

Selanjutnya, kata sambutan Ketua BM3 Kabupaten Asahan Sapnil, S.Pd menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada panitia PSBD kabupaten Asahan, Panitia pelaksana etnis Minang, Para tamu undangan dan juga Ketua-ketua etnis.

“Pada malam ini, etnis Minang akan menghibur para undangan sekalian, dengan menghadirkan artis dari Kota Padang, Rian Sikumbang, seru Safnil terhadap pengunjung.

Sapnil menghibau kepada masyarakat Minang, terkhusus kepada Muda-mudi Minang, agar bersungguh-sungguh menggali adat budaya minang, walaupun hidup dalam perantau.

“jangan lupakan dengan jati diri kita, ibarat kata Pepata mengatakan, “jangan lupo kacang ju kuliknyo” ( jangan lupa kacang pada kulitnya), kata Safnil.

Selanjutnya, Safnil mengharapkan kepada Pemerintah Asahan, Agar membimbing terhadap etnis-etnis dan terus ditingkat kan lagi. Kami, para Ketua etnis akan terus mendukung program pemerintah Kabupaten Asahan, yang sesuai dengan visi misi Kabupaten Asahan, Asahan Religius, Cerdas, Sehat dan Mandiri. (Anton/Akuratnews)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *