Sanggar Daya Presta Terus Berinovasi Kreasikan Tarian Tradisional Khas Betawi

Jakarta, Perpek Media – Sanggar Daya Presta terus berinovasi mengkreasikan tarian tradisonal khas Betawi. Ini dilakukan agar tarian khas Betawi seperti tari yapong dan tari topeng Betawi tetap lestari serta dicintai masyarakat.

Lansir beritajakarta.id, Pimpinan Sanggar Daya Presta, Retno Marnila Wanti (40) mengatakan, inovasi dibutuhkan agar tari tradisional khas Betawi tidak ditinggalkan oleh generasi penerusnya.

“Inovasi ini kami lakukan dengan cara mengolaborasikan antara gerak tradisional dan modern,” ujar Retno kepada beritajakarta.id, Senin (9/12).

Selain itu, sambung Retno, inovasi juga diperlukan agar gerakan tari khas Betawi lebih dinamis, berwarna, indah, dan mengikuti perkembangan zaman tanpa menghilangkan pakemnya serta bisa diterima oleh generasi muda.

“Inovasi-inovasi ini kerap ditampilkan dalam berbagai event di Jakarta maupun dalam berbagai kompetisi tari,” jelasnya.

Ditambahkan Retno, sejak didirikan tahun 1985, sanggarnya fokus pada pelestarian dan pertunjukan tari tradisional Betawi. Saat ini total muridnya ada sekitar 50 orang.

Para muridnya itu berlatih setiap hari Minggu pukul 14.00 di RPTRA Garuda, Jl Sepakat VIII, RT 05/01, Kelurahan Cilangkap, Kecamatan Cipayung. []

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *