Sigit Wijatmoko, Walkot Jakut Berikan Arahan Memutus Penyebaran Covid-19 Dari Kecamatan Sampai RT

Jakarta, Perpek Media – Walikota Jakarta Utara, Bpk. Sigit Wijatmoko mengintruksikan kepada seluruh jajaran staf nya agar memonitor warga untuk memutus penyebaran covid 19. Ada beberapa point  arahan dari Bapak Walikota Jakarta Utara, agar seluruh kecamatan dan kelurahan yang ada di Jakarta Utara segera mensosialisasikan, instruksinya kepada RT, RW  dan warganya masing masing,

Hasil arahan walikota terkait rapat koordinasi covid 19 di R. Rapat walikota, Jumat 27.02.2020 pukul 15.30 sebagai berikut:

1. Malam ini Gubernur akan mengumumkan jumlah ODP, PDP dan Positif Covid 19 berdasarkan RT, RW se DKI Jakarta

2. Gubernur mengajak peran serta RT, RW, LMK, FKDM, untuk menjaga lingkungannya masing-masing dengan membuat protap sesuai kesepakatan masing-masing wilayah dalam rangka melindungi warganya agar tidak ada kasus diwilayahnya, dengan cara membuat penjagaan pintu masuk wilayahnya sesuai protap penanganan kasus covid 19. (Cuci tangan, sabun, suhu tubuh, ruang isolasi) apabila masuk wilayahnya (Lockdown lokal)

3. Bagi RT dan RW yang steril dari kasus agar bisa dipertahankan kondisi sterilnya dengan cara memonitor terus warganya yang mempunyai resiko tinggi, yang berakibat fatal apabila tertular covid 19 (umur diatas 60, hipertensi, jantung, diabetes, kanker, ibu hamil, gizi buruk apabila ada)

4. RT dan RW agar mempunyai data atas warga yang masuk kategori Resiko tinggi tersebut dengan berkoordinasi pada petugas Dawis atau mendata langsung warganya.

5. Warga yang beresiko tinggi, agar dilakukan perhatian khusus dan berikan perlindungan agar bisa selalu berada di rumah dan melarang mereka untuk bepergian

6. Dalam melakukan penyemprotan disefektan agar dilaksanakan diseluruh tatanan (7 tatanan)

7. Apabila Ada CSR yg mau membantu agar bisa membantu dalam bentuk Natura dan apabila dibantu dalam penyemprotan agar diarahkan pada lokasi yang belum sama sekali disemprot sehingga 7 tatanan bisa tersentuh semua.

8. Membuat spanduk-spanduk himbauan, untuk slalu mengingatkan warga akan bahayanya penularan Covid-19.

9. Mengendalikan warga bahwa pemerintah menjamin ketersediaan barang suplay distribusi kebutuhan pokok masyarakat.

10. PD Pasar Jaya akan membuka Gerai kebutuhan masyarakat disemua kantor camat dan lurah serta diharapkan camat dan lurah membantu pengaturan jadwal waktu warga yang beli di gerai jakgrosir untuk tidak ada penumpukan masyarakat serta Pol PP agar ikut melakukan penjagaan lokasi tersebut.

11. Dalam melakukan kegiatan sosialisasi sosial distancing ke warga agar membatasi jumlah org yang berkeliling.

12. Camat dan Lurah agar memonitor staf yangg WFH benar2-benar melaksanakan kerja di rumah, tidak digunakan untuk keluar rumah kecuali dianggap penting.

13. Swadaya masyarakat agar ditumbuhkembangkan dalam situasi wabah covid 19, yang mampu agar membantu yang tidak mampu.

14. Para lurah agar memastikan informasi ini sampai malam ini ke RT dan RW dan selanjutnya dapat melaksanakan kesepakatan sesegera mungkin dalam melindungi warganya dari penularan covid 19.

Beberapa arahan tersebut dengan segera di sampaikan ke seluruh RT dan RW bahkan warga melalui kecamatan dan kelurahan Jakarta Utara. Tegasnya.

(Dede)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *