Dinas Kebudayaan DKI Jakarta Buka Pendataan Bagi Pekerja Seni Terdampak Corona

Jakarta, Perpek Media – Akibat dari wabah virus corona dalam beberapa sekian hari ini mempunyai dampak yang begitu luas, salah satunya pekerja seni khususnya di Jakarta yang dimana penghasilannya dari kegiatan berkesenian mengalami penutupan pertunjukan seni atau budaya dan penundaan pentas.

Dalam hal ini, Dinas Kebudayaan DKI Jakarta membuka pendataan sampai 07 April 2020 secara daring bagi pekerja seni di Jakarta yang terdampak secara ekonomi akibat pandemi Coronavirus Disease (COVID-19). Pekerja seni dapat mengakses bit.ly/senibudayacovid19 agar bisa terdata dan mendapatkan bantuan.

Lansir beritajakarta.id, Kepala Dinas Kebudayaan DKI Jakarta, Iwan Henry Wardhana mengatakan, “Pendataan ini bertujuan mengetahui kondisi riil pekerja seni yang mengalami penundaan pentas, terdampak penutupan pertunjukan seni atau budaya, serta tidak ada pemasukan akibat COVID-19”, katanya.

“Pendataan akan ditutup pada 7 April 2020. Bagi pekerja seni terdampak COVID-19 kami persilakan mengisi data-data yang diperlukan dengan jujur, benar, dan lengkap. Data itu selanjutnya akan kami sampaikan kepada Gubernur Provinsi DKI Jakarta, cq Kabiro Kerjasama Daerah,” ujarnya, Sabtu (4/4).

Iwan menjelaskan, pandemi COVID-19 mempunyai dampak yang sangat luas, salah satunya terhadap perekonomian. Dampak ini tentunya sangat dirasakan oleh banyak pihak, tidak terkecuali para pekerja seni yang kebanyakan mengandalkan penghasilan dari kegiatan berkesenian.

“Saat ini kegiatan khususnya yang menimbulkan kerumunan atau keramaian orang ditiadakan,” terangnya.

Ia menambahkan, saat Dinas Kebudayaan juga tengah menggalang bantuan baik dari instansi pemerintah, swasta, maupun perorangan untuk bisa berkontribusi bagi pekerja seni terdampak COVID-19.

“Kami berupaya memberikan solusi terbaik untuk membantu pekerja seni di Jakarta. Semoga pandemi COVID-19 ini segera berlalu,” tandasnya.

(Red)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *