Kampung Merdeka Covid-19, Kolaborasi Antara Pemkot Jakut Dan Masyarakat

Jakarta, Perpek Media – Banyak hal yang dilakukan Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Utara dalam penanganan wabah Covid-19, Diantaranya mengajak  kolaborasi dengan Masyarakat. Salah satunya dengan menciptakan Kampung Merdeka COVID-19 yang merupakan kegiatan kolaborasi dengan masyarakat di lingkungan RT/RW.

“Kampung Merdeka COVID-19 adalah satu kesatuan yang mempunyai satu rasa dan tekad dari masyarakat untuk merdeka dari ancaman COVID-19. Secara gotong royong mereka saling membantu warga yang terdampak COVID-19,” tutur Ali Maulana Hakim, Ketua Harian Gugus Tugas Penanganan Percepatan COVID-19 Jakarta Utara saat monitoring lokasi rumah isolasi di Mess Diklat Maritim IPC Kecamatan Koja, Jumat (24-04-2020)

Ada 3 kriteria yang harus diterapkan dalam menciptakan Kampung Merdeka COVID-19 yaitu aspek kesehatan, aspek sosial ekonomi dan aspek keamanan. “Apabila ada satu warga yang terkena COVID-19 maka warga lainnya akan bersama-sama membantu yang bersangkutan untuk menjalani masa isolasi selama 14 hari jadi bukan dihindari ataupun diusir,” tegasnya.

Secara kolaborasi, Gugus Tugas RW akan bergerak melakukan penanganan pasien COVID-19 dengan mendapatkan dukungan dari unit terkait. “Disediakannya rumah isolasi di setiap kelurahan dan kecamatan sebagai salah satu upaya penanganan pasien COVID-19 dengan kriteria orang tanpa gejala dan bukan yang beresiko tinggi,” ujar Ali didampingi Asisten Pemerintahan Kota Administrasi Jakarta Utara, Abdul Khalit dan Kasudin Kesehatan Kota Administrasi Jakarta Utara, Yudi Dimyati.

Ia mengatakan, apabila ada pasien COVID-19 yang melakukan isolasi mandiri dan rumahnya yang tergolong tidak memadai seperti tidak ada kamar atau ruangan untuk membatasi interaksi dengan anggota keluarga lainnya maka itu sangat beresiko tinggi menularkan virusnya kepada anggota keluarga lainnya.

“Gugus Tugas RW akan memberikan pemahaman kepada warga yang positif COVID-19 untuk sementara waktu menempati rumah isolasi yang telah disediakan kelurahan dan kecamatan setempat. Mari kita berkolaborasi dan bergerak cepat untuk melawan wabah COVID-19 di wilayah Jakarta Utara,” himbaunya.

(M. Abdi)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *