Selama Pandemi Covid-19, Imunisasi Di Puskemas

Jakarta, Perpek Media – Suku Dinas Kesehatan Jakarta Utara memastikan tidak lagi melaksanakan pos pelayanan terpadu (posyandu) di setiap Rukun Warga (RW) selama pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19). Pemantauan tumbuh kembang anak hingga imunisasi dilakukan di setiap pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas).

Kepala Suku Dinas Kesehatan Jakarta Utara Yudi Dimyati mengatakan, tidak ada lagi posyandu yang biasa digelar di tingkat RW sejak akhir Februari 2020 guna menghindari penyebaran Covid-19.

Aktivitas pemantauan tumbuh kembang anak, ibu hamil, Keluarga Berencana (KB), gizi, hingga imunisasi dilakukan di setiap Puskesmas baik tingkat kelurahan atau kecamatan terdekat.

“Pelayanannya masih tetap berjalan. Hanya saja ngga lagi di pos RW, tapi di puskesmas kelurahan atau kecamatan terdekat,” kata Yudi, saat dikonfirmasi, Senin (27/4).

Meski begitu, dipastikannya orang tua dan anak wajib mematuhi segala protokol kesehatan saat berada di dalam puskesmas. Terlebih mengenakan masker hingga menjaga jarak interaksi fisik dan sosial.

“Protokol kesehatan masih tetap dilaksanakan. Bahkan lebih ketat untuk menjaga agar tidak ada penyebaran Covid-19,” jelasnya.

Untuk memudahkan informasi seputar kesehatan kepada masyarakat, dia menerangkan sejumlah Puskesmas telah menggelar program dialog interaktif melalui media sosial instagram.

Petugas saling berdialog membahas kesehatan masyarakat dengan tema berbeda setiap penayangannya.

“Iya sudah mulai berjalan program itu di beberapa Puskesmas. Memberikan edukasi kepada masyarakat dari jarak jauh,” tutupnya.

(M. Abdi)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *