Haji Rodjali, Pejuang Betawi Dari Kemanggisan

Oleh : Rachmad Sadeli

Kisah Engkong Saye (Rachmad Sadeli, Majalah Betawi)

Jakarta, Perpek Media – Rodjali bin Ramli, pria asli Betawi yang merupakan suami dari Sofiah ini semasa muda memiliki kumis tebal.  Geliat hidup pria gesit ini sangat berwarna, berbagai aktivitas dan usaha pernah dijalani pria yang lahir di Kemanggisan, Jakarta, 20 Desember 1924.

Kiprah Rodjali muda terbilang sangat membanggakan garis keturunannya. Demi panggilan Ibu Pertiwi beliau rela pergi ke medan perjuangan kemerdekaan bersama Sofiah, isterinya. Pemuda pejuang angkatan 45 ini berperang melawan Belanda di wilayah Cikampek, Karawang, sampai Tasikmalaya. Ketika perang berkecamuk Rodjali dipimpin oleh Kharis Suhud dan Lukas Kustaryo.

Setelah  perang berakhir Rodjali bekerja sebagai keamanan PT Tangkuban Perahu yang bergerak dalam bidang konveksi. Setelah lepas kerja di PT Tangkuban Perahu beliau bersama Sofiah membuka gerai sembako di daerah Kemanggisan, tepatnya di Haji Saili. Aktivitasnya berjualan sembako pararel dengan usaha menanam padi di sawah miliknya.

Setelah tinggal di jalan Haji Saili, lalu Rodjali pindah ke Slipi, tepatnya di Blok F. Usaha warung sembako tetap dilanjutkan, namun karena pembelinya minim, usaha sembako ditutup. Gantinya beliau membuka gerai onderdil mobil di Tanah Abang.

Setelah usaha onderdil mobil kurang sehat, lalu  membeli oplet sebanyak 1 buah. Rute yang dilewati Tanah Abang-Kebayoran Lama. Usaha tak berjalan lancar, oplet dijual.

Tak kenal menyerah, lalu Rodjali membeli 15 unit becak. Ketika itu beliau bersama anaknya sudah pindah ke jalan Kemanggisan Ilir 3, Jakarta Barat (dekat Kramat Sawo). Karena becak dilarang beroperasi di Jakarta, ia lalu menjualnya.

Setelah episode becak usai, lalu pindah ke jalan haji Djunaidi, Kemanggisan Jakarta Barat. Di rumah ini, lalu Rojali menjual tanahnya yang berada di samping rumahnya untuk mendirikan kontrakan sebanyak tiga pintu di belakang universitas Bina Nusantara, jalan Syahdan. []

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *