Puyeng Mikirin Corona? Mending Makan Kuaci Aja Di Rumah

Jakarta, Perpek Media – Pandemik corona di Indonesia membuat warga masyarakat dipaksa untuk tidak boleh banyak beraktivitas di luar rumah. Tagar #DirumahSajaLebihBaik pun jadi viral.

Nah, daripada iseng bengang-bengong ria di rumah, ada baiknya beraktifitas makan cemilan yang turut membantu menyehatkan badan. Salah satu camilan sehat yang disarankan untuk menemani waktu iseng anda adalah, makan Kuaci.

Cemilan kecil-kecil dari biji Bunga Matahari ini ternyata “gede” manfaat loh buat kesehatan. Apa saja manfaat sehat itu?  Dikutip Lapan6online dari situs Suara.com diperoleh informasi sebagai berikut:

1. Memperbaiki organ dalam tubuh

Kuaci dikenal memiliki kandungan banyak vitamin E di dalamnya. Vitamin E pada kuaci dikenal mengandung anti-inflamasi yang mampu mengobati berbagai penyakit atau memperbaiki organ-organ dalam manusia.

Nah, jika ternyata Anda memiliki keluhan asma, hobi mengonsumsi kuaci ini akan sangat baik untuk menyembuhkannya. Bukan hanya itu, ternyata makan kuaci juga bisa mengatasi gangguan kesehatan lainnya, seperti kanker usus besar, dan berhenti haid pada wanita lanjut usia (menopause).

Bahkan, jenis kacang-kacangan ini juga mampu menangkal radikal bebas yang masuk ke jaringan kulit. Artinya, bila Anda suka makan kuaci, maka kulit menjadi lebih sehat dan terhindar dari penuaan dini.

2. Menurunkan kolesterol

Kandungan pitosterol yang terdapat pada kuaci juga sangat ampuh untuk menghancurkan lemak dalam tubuh. Nah, jika Anda suka mengonsumsi kuaci, maka ada peluang besar untuk terhindar dari gangguan kolesterol tinggi dan obesitas.

Untuk diketahui, hanya dengan mengonsumsi 100 gram kuaci saja, sama artinya dengan menambah 410-413 mg pitosterol untuk melawan lemak-lemak jahat yang ada di dalam tubuh. Kebayang kan manfaatnya bila kuaci ini merupakan makanan ringan favorit Anda?

3. Mencegah penyakit kanker

Sel-sel pertumbuhan kanker dalam tubuh bisa segera diatasi dengan mengonsumsi selenium. Kandungan selenium ini pun bisa Anda dapatkan dengan memakan kuaci. Selain menghancurkan sel kanker, selenium juga bagus untuk memperbaiki sel DNA yang rusak akibat penyakit atau obat-obatan tertentu.

Dengan mengonsumsi kuaci secara rutin, perkembangan sel kanker pun akan terhambat. Tubuh pun jadi lebih sehat dan fit setiap hari. Jadi, selamat untuk Anda yang hobi makan kuaci ya!

4. Terbebas dari stres karena menenangkan

Rutinitas sehari-hari memang kerap melelahkan dan menimbulkan berbagai keluhan, salah satunya adalah stres karena rasa penat. Apabila Anda sering mengalami stres akibat padatnya rutinitas sehari-hari, maka mengonsumsi satu bungkus kuaci saja bisa membuat pikiran lebih rileks dan tenang.

Apa sebabnya? Ternyata, kandungan magnesium pada kuaci akan membantu meredakan stres tersebut. Jika suka makan kuaci, maka Anda pasti akan merasa lebih tenang, sehingga pekerjaan yang menumpuk pun bisa diselesaikan tepat pada waktunya.

5. Menurunkan risiko diabetes

Kuaci yang terbuat dari biji bunga matahari mengandung asam chlorogenic dan asam caffeic, di mana keduanya tergabung dalam satu zat bernama polifenol. Zat ini berguna sebagai sumber antioksidan yang sangat baik untuk menghancurkan oksidan dalam tubuh.

Sedangkan zat klogenat yang terdapat pada kuaci bagus untuk menurunkan kadar gula dalam darah, sehingga kadar gula tetap normal. Anda pun bisa terbebas dari risiko penyakit diabetes.

6. Mengatasi penyakit jantung

Kuaci mengandung vitamin E sebagai antioksidan yang bagus untuk menghancurkan lemak yang menempel di dalam tubuh. Selain itu, kuaci juga berguna untuk memaksimalkan kinerja jantung manusia.

Kandungan kuaci mampu menjaga fungsi jantung yang memompa darah ke seluruh bagian tubuh agar bisa berjalan normal. Dengan demikian, Anda yang mengidap penyakit jantung bisa mengonsumsi kuaci secara rutin, agar penyakit jantung perlahan-lahan bisa sembuh.

7. Baik untuk pertumbuhan Sel dan Otak

Tidak hanya bagus mengobati beberapa jenis penyakit dan meredakan stres, kuaci juga bagus untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan anak-anak. Kadar asam amino yang terdapat pada kuaci sangat tinggi, yang menjadi kunci utama untuk membantu proses pertumbuhan.

Bahkan, tidak hanya pertumbuhan badan saja, zat dalam kuaci ini juga mampu meningkatkan pertumbuhan sel-sel saraf dan otak. Sehingga pertumbuhan otak anak Anda pun akan maksimal dan membuat pola pikirnya menjadi lebih bagus.

8. Menyehatkan tulang

Tiga senyawa utama yang terdapat pada kuaci yaitu kalsium, tembaga dan magnesium, dikenal sangat ampuh untuk menjaga kesehatan tulang manusia. Ekstrak dari tiga senyawa ini akan disebarkan ke dalam tulang dan persendian, sehingga tulang pun jadi lebih kuat.

Apabila Anda sering mengalami pegal linu akibat mengangkat beban berat, konsumsilah kuaci agar rasa pegal tersebut bisa segera hilang. So, masih ragu makan kuaci? Pikir baik-baik.

Kandungan Gizi Kuaci Bunga Matahari

Mengutip laman Time yang dirilis Suaranasional.com disebutkan sejumlah kandungan gizi Kuaci yang sangat baik untuk kesehatan, diantaranya:

  • Serat dan protein – Terdapat serat yang jumlahnya per satu porsi kuaci adalah sekira 2,5 gram, dan protein sebanyak 6 gram.
  • Vitamin E – Vitamin ini baik untuk fungsi anti-inflamasi atau anti peradangan, manfaatnya untuk kesehatan jantung, menurunkan risiko penyakit jantung.
  • Folat – Zat ini bagi ibu hamil baik untuk pertumbuhan otak janin. Folat juga dibutuhkan untuk sintesis DNA.
  • Fosfor dan Mangan – Untuk kesehatan dan pertumbuhan tulang, fosfor dan mangan sangat dibutuhkan. Mangan khususnya akan membantu produksi sel tulang. Selenium Ini adalah zat antioksidan yang bertugas menjaga kesehatan sel, dan mencegah kerusakannya.
  • Tembaga dan seng – Kesehatan jantung butuh pula mineral tembaga dalam jumlah signifikan. Untuk sistem kekebalan tubuh juga dibutuhkan zat ini ditambah juga mineral seng.
  • Vitamin B6 – Dalam fungsi kognitif atau proses berpikir, vitamin B6 memegang peranan penting.

Jangan Lewatkan Makanan Murah Tapi Berkhasiat

Mengobati penyakit tak melulu harus mengeluarkan uang yang banyak dan mengonsumsi obat-obatan. Nyatanya, dengan mengonsumsi kuaci saja, beberapa penyakit seperti asma, kolesterol, bahkan kanker pun, dapat diatasi dengan baik. Apalagi harga kuaci juga sangat terjangkau dan mudah didapatkan di supermarket terdekat. Dan yang lebih penting lagi, Anda bisa tetap happy hanya dengan makan kuaci! (*)

(*/RedHuge/Lapan6 Group)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *