Loh! Kok Fotonya Ada Di Setiap Rumah Makan Padang, Siapa Sih Beliau?

Jakarta, Perpek Media – Siapa Sih Beliau? Kok hampir disetiap rumah makan padang pasti ada fotonya, mari kita mengenal siapa beliau, ko fotonya cukup terkenal disetiap rumah makan padang.

Foto Kakek di Rumah Makan Padang, Siapa Beliau?

Jika melihat foto seorang kakek berkopiah hitam di rumah makan Padang, beliau adalah Ungku Saliah.


Siapa beliau dan mengapa fotonya dipajang disetiap rumah makan padang biarpun tidak semua?

Adanya foto Ungku Saliah menandakan rumah makan tersebut adalah asli Pariaman, semua foto Ungku Saliah selalu sama kepala berkopiah hitam yang sedikit miring ke kanan, berjenggot agak panjang, serta mengenakan kain sarung kotak-kotak yang dikalungkan di leher. Semua fotonya pun sudah pasti hitam putih.

Ungku Saliah adalah ulama, tokoh agama asli Pariaman yang dikeramatkan. Menurut beberapa pengusaha rumah makan padang mengatakan, adanya foto Ungku Saliah di tempat rumah makan nya, semacam simbol yang menunjukkan bahwa mereka masih menghormati sang tokoh agama tersebut.

Nama aslinya adalah Syech Kiramatulla Ungku Saliah, lahir pada 1887 di Pariaman. Semasa hidupnya, konon Ungku Saliah diberikan kekuatan khusus untuk menyembuhkan penyakit. Makamnya yang berada di Sungai Sariak, Pariaman, Sumatera Barat, hingga kini masih penuh peziarah terutama di bulan Ramadan.

Ungku Saliah wafat pada 1974, mulai saat itu, tradisi memajang foto Ungku Saliah tersebar hampir di semua rumah makan padang khas Pariaman.

Di kota besar mungkin sudah jarang, tapi di kota-kota kecil, terutama di Pariaman dan perbatasan Kabupaten Agam, masih banyak rumah makan kecil yang memajang foto Ungku Saliah.

Penasaran? coba iseng klo makan di rumah makan padang perhatikan sekitar dinding nya, pasti terpampang foto beliau.

(Red)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *