Puskesmas Kelurahan Sukapura Gotong Royong Bantu Warga Yang Terindikasi Covid-19

Jakarta, Perpek Media – Untuk memutus mata rantai penularan COVID-19 di wilayah Kelurahan Sukapura. Tim medis dari Puskesmas Kecamatan Cilincing bersama Puskesmas Kelurahan Sukapura menyambangi lingkungan pemukiman RW 01 untuk melaksanakan swab test massal, Rabu (27/5). Kepala Puskesmas Kelurahan Sukapura, drg. Lesti Harni menjelaskan, ada 40 warga yang menjalani swab test dan hasilnya akan keluar 3 sampai 4 hari.

“Dikarenakan wilayah ini termasuk pemukiman padat penduduk maka kami melakukan deteksi kasus COVID-19 dengan swab test massal. Kegiatan ini didukung oleh Kepala Puskesmas Kecamatan Cilincing, dr. Edison Syahputra. Kami juga berkordinasi dengan rumah sakit terkait pencegahan dan pengendalian infeksi di rumah sakit,” jelasnya.

Sejak ada kasus COVID-19, ia menyatakan, Puskesmas Kelurahan Sukapura berinisiatif membentuk pembagian wilayah kerja. “Kordinator setiap wilayah adalah dokter umum sedangkan Puskesmas Kelurahan Sukapura memiliki 3 dokter umum jadi 1 dokter beserta timnya akan bertanggung jawab untuk memantau kondisi di 4 RW,” terang drg. Lesti.

Selain itu, Puskesmas Kelurahan Sukapura juga rutin memantau perkembangan kesehatan warga Sukapura yang berstatus Orang Dalam Pemantauan (ODP), Pasien Dalam Pengawasan (PDP) dan Orang Tanpa Gejala (OTG) yang terindikasi COVID-19 dan sedang menjalani isolasi mandiri di rumahnya masing-masing.

“Setiap hari, kami pantau kondisinya via WhatsApp. Jika ada keluhan, petugas kesehatan akan langsung mengantarkan obat dan vitamin. Semua staf kami terlibat dalam pemantauan pasien positif yang jalani isolasi mandiri, walaupun hari libur tetap kami pantau dan berikan semangat kepada mereka agar sehat selalu,” terangnya.

Menurutnya, dengan rutin mengkonsumsi vitamin, sayuran dan buah-buahan akan meningkatkan imunitas tubuh. “Mereka membutuhkan vitamin dan makanan yang bergizi. Setiap 3 hari sekali, secara bergantian kami memberikan bantuan sayuran, buah, telor dan bahan masakan lainnya. Sedangkan pihak Kelurahan Sukapura bersama pengurus RT/RW menyalurkan bantuan sembako. Insya allah, kami akan ada kapanpun masyarakat Sukapura membutuhkan,” tuturnya.

(Umay)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *