Hand Sanitizer Dalam Kabin Bisa Picu Kebakaran Mobil

Jakarta, Perpek Media – Hand sanitizer saat ini, jadi sangat akrab sekali dengan kehidupan. Dalam kondisi pademi Covid-19, hand sanitizer yang miliki kandungan alkohol jadi alternatif untuk cuci tangan. Tentunya saat kondisi nggak bisa cuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir.

Saking akrabnya dengan hand sanitizer, pasti membawa dan menyimpannya. Bahkan di dalam mobil untuk berjaga-jaga, tersimpan hand sanitizer.

Buat yang suka menyimpan hand sanitizer dalam mobil, perlu baget nih tahu kabar terkini.

Hand sanitizer yang diletakkan di dalam kabin mobil berpotensi menimbulkan kebakaran. Hal ini lantaran adanya kandungan alkohol pada cairan tersebut yang bisa berbahaya saat terpapar suhu kabin yang panas.

“Semua sanitizer yang mengandung alkohol, kami peringatkan untuk tak ditinggalkan di area yang terkena matahari langsung, atau di dalam mobil, karena bisa memicu kebakaran,” ucap Rashid.

Beneran begitu nggak sih?

Suparna selaku Kepala Bengkel Auto2000 Cilandak mengatakan, hal tersebut bisa saja terjadi, tetapi tergantung dari kondisi tingkat panasnya.

Bila memang kabin panas lantaran mobil dijemur langsung di bawah sinar matahari, hal tersebut bisa berpotensi.

“Memang bisa saja terjadi, tapi tergantung dari seberapa panas suhu dari sinar matahari tersebut.

Setiap negara berbeda, mungkin di sana cukup tinggi sehingga ada potensi tersebut, tapi kalau di di negara lain tidak juga,” kata Suparna.

Terbakarnya cairan hand sanitizer di dalam mobil kasusnya 11-12 dengan kasus bensin. Artinya, bisa terjadi karena ada tiga unsur, yakni panas, udara, dan bahan bakar yang mana dalam kasus ini digantikan dengan kandungan alkohol tadi.

Kendati demikian, Suparna mengingatkan pengguna mobil untuk tetap mengantisipasi guna mencegah hal yang tidak-tidak.

Nah, jangan simpan hand sanitizer di dalam kabin mobil untuk menghindari hal yang enggak diinginkan ya.

(Dede)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *