Kok Namanya Rambut Nenek?

Jakarta, Perpek Media – Istilah dari rambut nenek adalah nama dari sebuah makanan yang sudah melegendaris, makanan yang terkenal dari tahun 80an ini, ternyata masih banyak di gemari oleh anak jaman sekarang.

Beberapa pendapat ada yang menyebutkan, rambut nenek berasal dari Kota Malang. Namun, ada juga yang menyebutkan bahwa jajanan ini berasal dari Desa Kesambi, Kabupaten Lamongan. Sebenarnya itu bukan suatu masalah, sebab, kedua daerah yang disebutkan tadi merupakan daerah yang berada di Provinsi Jawa Timur. 

Rambut nenek terbuat dari gula pasir, tepung terigu, pewarna makanan, dan air. Proses pembuatan rambut nenek ini bisa sampai berjam-jam lamanya.

Arbanat atau yang lebih sering disebut rambut nenek, merupakan jajanan terbuat dari gula yang kian langka keberadaannya. Siapa yang pernah coba pasti tidak akan pernah lupa oleh rupanya.

Jajanan ini disebut juga dengan arum manis. Namun, nama sebenarnya adalah arbanat. Nah, karena awalnya berwarna putih seperti uban, maka dinamakanlah rambut nenek.

Seiring dengan berjalannya waktu, rambut nenek mulai dibuat dengan beragam warna, ada yang hijau, merah muda, dan kuning.

Rasa rambut nenek juga bermacam-macam. Misalnya, rasa durian, melon, rasa pandan, dan masih banyak lagi, guna menarik para pencinta kuliner bersejarah ini.

(Red)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *