Ribuan PPKS Diberikan Layanan Sosial, Sementara Tinggal Di GOR

Jakarta, Perpek Media – Dinas Sosial DKI Jakarta mencatat terdapat 1.878 Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS) terdampak Covid-19, yang terjangkau selama masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Ribuan PPKS tersebut diberikan layanan sosial serta dipersilakan tinggal sementara di Gelanggang Olahraga Remaja (GOR) yang terdapat di lima wilayah Kota Administrasi. Adapun 1.340 PPKS yang sudah diasesmen dan diketahui keberadaan keluarganya, berhasil dipulangkan.

Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial, Prayitno menuturkan, PPKS yang terjangkau selama masa PSBB, sangat heterogen, tidak hanya tertuju pada tunawisma semata. “Jadi belakangan ini, dari hasil penjangkauan bukan hanya PPKS. Tapi sangat heterogen, mengingat PSBB diberlakukan. Misalnya ada masyarakat yang ingin pulang kampung, tetapi tidak boleh. Ada juga beberapa korban PHK dan tidak mampu mampu bayar kontrakan,” ungkapnya, Kamis (4/6).

“Nah, mereka-mereka ini kami bantu untuk diberikan tempat tinggal sementara dulu di GOR, sebagaimana arahan Bapak Gubernur. Bagi yang punya KTP, atau administrasi lengkap, maka kami bantu untuk dikembalikan kepada keluarganya,” tambahnya.

Jakarta Pusat menjadi wilayah dengan jumlah PPKS terbanyak yang dijangkau selama PSBB, yakni mencapai 570 orang. Mereka dipersilakan untuk menetap sementara di GOR Karet Tengsin. Tercatat per tanggal 3 Juni 2020, sebanyak 406 orang berhasil dipulangkan ke pihak keluarga, sementara 78 lainnya dirujuk ke panti sosial, balai rehabilitasi atau ke Rumah Sakit, 57 orang lainnya meninggalkan lokasi tanpa alasan dan 29 PPKS lainnya masih tinggal di GOR Karet Tengsin.

Hal serupa juga dilakukan Sudin Sosial Jakarta Utara yang memberikan layanan sosial kepada 448 PPKS di GOR Tanjung Priok. Dimana 378 diantaranya berhasil dikembalikan kepada keluarga dan 62 orang lainnya dirujuk ke panti sosial, balai rehabilitasi atau Rumah Sakit. Hingga saat ini, tercatat 8 orang masih bertahan di GOR tersebut.

Di wilayah Jakarta Timur, PPKS dipersilakan tinggal sementara di GOR Ciracas. Kepala Sudin Sosial Jakarta Timur, Purwono, menuturkan, pihaknya mencatat per tanggal 4 Juni 2020, terdapat 395 PPKS yang telah diberi layanan sosial, dimana 204 diantaranya telah dipulangkan, 141 dirujuk ke panti sosial, balai rehabilitasi atau Rumah Sakit, 31 lainnya meninggalkan tempat tanpa alasan, dan 2 orang meninggal dunia. “Hingga hari ini terdapat 17 PPKS masih bertahan di GOR Ciracas,” terangnya, Kamis (4/6).

Sementara di wilayah Jakarta Selatan, 333 orang PPKS ditampung di GOR Pasar Minggu, 266 orang dipulangkan dan sejumlah lainnya dirujuk ke panti sosial, balai rehabilitasi maupun Rumah Sakit terdekat.

Di Jakarta Barat, selama PSBB telah tercatat 132 PPKS berhasil dijangkau, kemudian diberikan layanan sosial di GOR Cengkareng. 86 diantaranya sudah dipulangkan kepada keluarganya, 36 lainnya dirujuk ke panti sosial maupun balai rehabilitasi. Selain itu, 5 PPKS dirujuk ke Rumah Sakit, 4 diantaranya dirujuk ke RSK Duren Sawit karena gangguan mental dan 1 lainnya dirujuk ke RSUD Cengkareng karena penyakit bawaan.

(Dede)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *