KSB Pademangan Barat Pasok Makanan Siap Saji Bagi Warga Yang Isolasi Mandiri

Jakarta, Perpek Media – Kelurahan Pademangan Barat termasuk salah satu wilayah pengendalian ketat yang menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Lokal (PSBL) untuk mencegah penyebaran COVID-19. Tercatat, ada 5 RW di wilayah Kelurahan Pademangan Barat yang masih berada di zona merah yaitu RW 06, 07, 010, 011 dan 012.

Untuk meringankan beban sejumlah warga yang terjangkit COVID-19 dan sedang menjalani isolasi mandiri dirumahnya masing-masing, Tim Kampung Siaga Bencana (KSB) Kelurahan Pademangan Barat membuat dapur umum di samping Kantor Lurah Pademangan Barat untuk menyiapkan kebutuhan makan secara swadaya. Bahkan Tim KSB mengantarkan langsung makanan siap saji tersebut ke rumah warga.

“Hari ini pertama kalinya kami menyediakan kebutuhan makanan siap saji bagi warga yang isolasi mandiri dengan melibatkan 12 personil KSB. Tim KSB akan mengolah, memasak dan mengantarkan makanan siap saji langsung ke rumah warga sebagai upaya mencegah penularan COVID-19,” jelas Lurah Pademangan Barat, M.Ruspandi saat dikonfirmasi, Selasa (9/6).

Selama melaksanakan isolasi mandiri pergerakan warga diluar rumah akan dibatasi dan mengharuskan mereka tetap berada didalam rumah hingga 14 hari kedepan. Oleh karena itulah, Tim KSB Kelurahan Pademangan Barat bergotong royong membantu warga sekitar agar mereka yang terjangkit COVID-19 tidak keluar rumah untuk mencari makan. Uluran tangan dari para donatur juga sangat diharapkan untuk mendukung operasional dapur umum KSB.

“Setiap harinya, tim akan memasak 2 kali pada siang dan sore hari, untuk satu kali masak akan menyiapkan 200 porsi. Makanan siap saji itu juga akan diberikan kepada petugas yang mengawasi sejumlah lokasi check point PSBL seperti pengurus RT/RW, Karang Taruna dan sebagainya,” terangnya.

Selain pembuatan dapur umum, Kelurahan Pademangan Barat juga berkolaborasi dengan sejumlah pihak untuk melakukan penyemprotan disinfektan di sejumlah RW yang masuk zona merah. “Penyemprotan disinfektan masih terus dilakukan hingga ke lingkungan warga yang terjangkit COVID-19. Kemarin dapat bantuan penyemprotan disinfektan dari PMI dan hari ada penyemprotan disinfektan dari anggota Brimob, pengurus RT/RW dan PPSU,” ujar Lurah.

(Anthony)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *