Kelurahan Rorotan RW 01 Aktifkan Urban Farming

Jakarta, Perpek Media – Demi menciptakan ketahanan pangan RW 01 Kelurahan Rorotan aktifkan urban farming, Hal ini dilakukan sebagai inovasi dalam menghadapi pandemi Covid-19.

Ketua RW 01 Yoki Ruly mengatakan gagasan awal nya bermula dari kegiatan penghijauan dan urban farming.
“Ada lahan kosong di lingkungan RW01 yang tidak terpakai. Kami coba manfaatkan agar menjadi lahan produktif,” katanya Kamis (11-06-2020).

Ditambahkan Yoki apa yang dilakukan warganya ini mendapatkan dukungan dari Kelurahan dan Unit Kerja Perangkat Daerah (UKPD) Kota Administrasi Jakarta Utara.
“Kami dibantu oleh Sudin Ketahanan Pangan Kelautan dan Pertanian (KPKP) dan juga Sudin Lingkungan Hidup untuk bibit-bibit yang dibutuhkan,” ucapnya.

Dari 14 orang warga yang aktif, Yoki menerangkan berbagai tanaman di tanam pada lahan kurang lebih seluas 800 meter per segi.
“Tanaman toga, tanaman sayur mayur, tanaman buah-buahan (pisang) sampai dengan pembibitan ikan lele. Inovasi dan inisiatif warga ini sangat positif terutama di masa pandemi COVID-19,” tuturnya.

Sementara Lurah Rorotan Idgam Mugabe mengatakan jika pihaknya berusaha membantu warga RW01 dalam upaya pemanfaatan lahan kosong di lingkungannya.
“Kami coba memfasilitasi keinginan ibu-ibu warga RW01 yang tergabung dalam kelompok wanita tani. Tujuannya agar mereka bisa secara aktif mendayagunakan lahan yang tidak terpakai menjadi lahan yang produktif. Keinginan mereka mendapatkan bantuan bibit disambut baik oleh Sudin KPKP juga sarana dan prasarana dari Sudin LH,” katanya.

Untuk diketahui, rencananya besok Jumat (12/6) ibu-ibu warga RW01 yang tergabung dalam kelompok wanita tani akan melakukan panen raya Jagung yang hasilnya akan dibagi rata untuk para anggota.

(Antony)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *