Panti Sosial Bina Insan Bangun Daya 1 Menerima Rujukan Seorang Bayi

Jakarta, Perpek Media – Panti Sosial Bina Insan (PSBI) Bangun Daya 1 menerima rujukan seorang bayi yang dilahirkan di semak-semak oleh seorang Ibu, yang merupakan PPKS (Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial) kategori Gelandang Pengemis.

Kepala PSBI Bangun Daya 1, Masyudi menceritakan sebelumnya warga Duri Kosambi dan security One City BPK Matsani, pada Selasa (9 juni 2020) melaporkan kepada Babinkabtimnas adanya seorang Ibu yang melahirkan di semak-semak, seorang diri tanpa bantuan siapapun.

“Diketahui perempuan itu bernama Wahati (41). Saat ditemui, kondisinya sudah melahirkan seorang bayi laki-laki. Kemudian babinsa membawa Ibu tersebut ke Puskesmas Cengkareng untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut,” terang Masyudi.

Dirasa butuh pemeriksaan lebih mendalam, Ibu Wahati bersama anaknya dirujuk ke RSUD Cengkareng, untuk melakukan cek laboratorium.

“Berdasarkan hasil pemeriksaan lab, ia dinyakatan mengalami gangguan kejiwaan dan negatif covid-19. Sementara anaknya, juga negatif Covid-19,” tuturnya.

Menurut pengakuan Ibu dari Wahati, suami Wahati saat ini merupakan suami ke-9.
Kedua orang tua Wahati tidak sanggup merawat anak yang baru saja dilahirkan dan menyerahkannya ke Sudin Sosial Jakarta Barat kemudian dirujuk ke PSBI Bangun Daya 1, sementara Ibu Wahati dirujuk ke RSUD Duren Sawit.

Masyudi menjelaskan, penanganan bayinya di PSBI Bangun Daya 1 ditempatkan terpisah dari warga binaan lainnya. “Kami juga menugaskan petugas untuk menemani atau mengawasinya selama 24 jam. Tak lupa memberikan susu dan vitamin untuk menjaga imunitas tubuhnya,” ujar Masyudi.

Masyudi juga berpesan, diharapkan masyarakat segera melapor kepada aparat setempat seperti RT, RW, Kelurahan dan Kecamatan, apabila menemui PPKS terlantar dan akan melahirkan bayi agar mendapatkan pelayanan yang baik dan optimal sesuai ketentuan yang berlaku.

(Dede)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *