PPSU Kelurahan Tugu Selatan Membuat Wastafel Portable Dari Drum Bekas

Jakarta, Perpek Media – Ide kreatif Petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) Kelurahan Tugu Selatan membuat wastafel portable dari drum bekas. Inovasi dan kreatifitas ini selanjutnya digunakan sebagai alat cuci tangan untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Petugas PPSU Kelurahan Tugu Selatan Eko mengatakan ide membuat wastafel portable ini berawal dari coba-coba. “Kami mencoba membuat sesuatu yang berguna untuk mencegah penyebaran Covid-19 di lingkungan kami,” katanya, Selasa (16-06-2020).

Mendapatkan support (dukungan) dari Kelurahan, Eko menambahkan bersama teman-temannya memutus membuat wastafel portable dari tong bekas. “Pak Lurah memberikan izin menggunakan tong bekas olinya dibuat jadi tempat cuci tangan,” ucapnya.

Harapannya, Eko ingin hasil inovasi dan kreasi bersama teman-temannya bisa berguna buat masyarakat sekitar. “Semoga bermanfaat bagi masyarakat di lingkungan Kelurahan Tugu Selatan pada khususnya dan umumnya masyarakat luas,” tuturnya.

Sementara Lurah Tugu Selatan Sukarmin mengatakan inovasi dan kreatifitas PPSU ini tidak terlepas dari bantuan PT. Pertamina Lubricant. “Telah memberikan bantuan berupa tong bekas oli dan juga alat-alat bantu lainnya. Dengan kreatifitas teman-teman PPSU kemudian tong bekas tersebut dijadikan wastafel portable,” katanya.

Tidak sampai di situ saja, Sukarmin juga menambahkan jika tong bekas tersebut mendapatkan respon positif dari masyarakat luas. “Ada pesanan membuat wastafel portable dari drum bekas ini dari masyarakat luar, dimana pemasarannya dibantu oleh PT Pertamina Lubricant, dan uang hasil penjualan tong wastafel ini masuk ke kas Bank Sampah Tugu Selatan,” ucapnya.

Dari kreatifitas wastafel portable yang dilakukan PPSU ini, Sukarmin berharap tidak berhenti sampai di situ saja. “Teman-teman PPSU tidak berhenti disini saja membuat barang bekas apa saja yang dapat di recycle dan dapat digunakan untuk masyarakat luas,” tuturnya.

Untuk diketahui, wastafel portable yang diletakan di pintu masuk Kelurahan Tugu Selatan hasil inovasi PPSU ini sudah bisa digunakan masyarakat Tugu Selatan sebagai tempat mencuci tangan sebagai upaya untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

(Antony)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *