PSAA Balita Tunas Bangsa Gelar Tes SWAB

Jakarta, Perpek Media – Sejumlah anak dan balita yang merupakan warga binaan Panti Sosial Asuhan Anak (PSAA) Balita Tunas Bangsa, mengikuti rapid test.

Pemeriksaan tes juga dilakukan bagi pegawai panti dengan metode tes swab. Pemeriksaan tersebut merupakan kerjasama dengan Puskesmas Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur.

Kepala Dinas Sosial DKI Jakarta, Irmansyah mengapresiasi rapid test dan tes swab yang dilakukan di PSAA Balita Tunas Bangsa. “Tentu saja kami mengapresiasi atas terlaksananya kegiatan ini, kepada Dinas Kesehatan dalam hal ini Puskesmas Cipayung yang telah memfasilitasi pemeriksaan tes swab maupun rapid test di panti anak ini,” terang Irmansyah

Kepala PSAA Balita Tunas Bangsa, Ucu Rahayu mengungkapkan tujuan test tersebut dilakukan untuk mendeteksi kondisi warga binaan dan petugas panti. “Memahami kondisi saat ini tentang Covid-19, dimana sasaran penting salah satunya adalah lingkungan panti, selain petugas yang mobilitasnya tinggi, terlebih balita termasuk salah satu yang rawan dan perlu penjagaan khusus dari Covid-19,” tutur Ucu.

Setidaknya 84 balita, mulai dari yang usia tujuh hari hingga enam tahun, mengikuti test tersebut.

Ucu menjelaskan, sebelum test dimulai, pihak Puskesmas Cipayung terlebih dahulu memberikan sosialisasi dan pemahaman terkait Covid-19 dan langkah penanganannya. “Terutamanya kepada petugas yang menangani balita,” tambahnya.

Diharapkan, dengan dilakukannya test tersebut dapat mengetahui kondisi semua petugas dan warga binaan. Sehingga dapat diambil langkah- langkah yang lebih pas dalam pengasuhan dan pelayanan kepada anak.

“Selain untuk penjagaan kepada diri petugas dan keluarganya, juga ikut mendukung program pemerintah melaksanakan protokol kesehatan,” tutupnya.

(Dede)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *