Wakil Walikota Jakut, Meninjau Kegiatan Donor Darah Di Papanggo

Jakarta, Perpek Media – Ali Maulana Hakim Wakil Wali Kota Administrasi Jakarta Utara, didampingi Asisten Administrasi dan Kesejahteraan Rakyat Jakarta Utara, Wawan Budi Rohman meninjau kegiatan donor darah sukarela (Dondarela) di Aula Kantor Lurah Papanggo, Kecamatan Tanjung Priok, Selasa (16-06-2020).

Kegiatan Dondarela tersebut berlangsung mulai Pukul 08.00 hingga 12.00 WIB dengan menerapkan protokol kesehatan dalam pelaksanaannya seperti penggunaan masker, cuci tangan pakai sabun dan menjaga jarak fisik.

“Dondarela sebagai rangkaian kegiatan program PMI Jakarta Utara bersama Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Utara dengan harapan masyarakat bisa mendonorkan darahnya secara sukarela dan terjadwal. Dalam setahun, 3 atau 4 kali kegiatan donor darah dilakukan bisa dengan sistem jemput bola di Kelurahan atau langsung ke Kantor PMI Jakarta Utara,” terang Ali.

Ia mengapresiasi semua unsur yang terlibat dalam pelaksanaan kegiatan Dondarela di 31 kelurahan. “Tadi sudah ada 40 pendonor di Kelurahan Papanggo. Saya ucapkan terima kasih kepada semua yang mendukung kegiatan Dondarela. Pasokan darah ini sangat dibutuhkan selama masa pandemi COVID-19 dan juga membantu penanganan pasien demam berdarah,” tuturnya didampingi Camat Tanjung Priok, Syamsul Huda dan Lurah Papanggo, Maryono.

Sementara itu, Sekretaris PMI Jakarta Utara, Endang KS mengatakan, kegiatan Dondarela yang sudah dilaksanakan secara bertahap di 31 kelurahan menghasilkan 2.000 kantong darah. “Stok darah tersedia namun belum memenuhi kebutuhan komponen. Dengan adanya Dondarela diharapkan partisipasi warga yang ingin mendonorkan darahnya bisa semakin meningkat,” ungkapnya.

Pelaksanaan donor darah dengan sistem jemput bola tersebut mempermudah masyarakat dan unsur lainnya yang ingin menyumbangkan darahnya untuk kegiatan kemanusiaan. “Sudah 2 kali saya ikut donor darah karena ingin berbagi dan membantu sesama yang membutuhkan,” ujar Meliana, Kader Jumantik RW 07 Kelurahan Papanggo.

(M. Abdi)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *