Warga Rawa Badak Selatan Ikuti Polymerase Chain Reaction

Jakarta,Perpek Media – Warga Rawa Badak Selatan ikuti Polymerase Chain Reaction (PCR)/swab test di halaman belakang Kantor Kelurahan Rawa Badak Selatan. Kegiatan ini dilakukan warga untuk mengetahui kondisi kesehatan dan melindungi keluarganya dari terpapar Covid-19.

Kepala Puskesmas Kecamatan Koja dr. Sri Puji Wahyuni mengatakan apa yang dilakukan pihaknya ini merupakan kolaborasi dengan Kelurahan. “Swab test yang kita lakukan kemarin Senin (15-06-2020) ini adalah kerjasama dengan Kelurahan RBS. Dilakukan mulai pukul 09.00 WIB sampai dengan jam 12.30 WIB,” katanya Selasa (16-06-2020).

Dari kegiatan tersebut, Sri Puji menambahkan ada sebanyak 76 warga RBS yang secara sadar mau memeriksakan dirinya dan mengikuti swab test.
“Sebelumnya warga mendaftar melalui google form yang diberikan linknya oleh pihak PKC Kecamatan Koja lewat gadget masing-masing. Selain Identitas diri, mereka diberikan pertanyaan seputar Penyelidikan Epidemiologi (PE) warga yang bersangkutan saat mengisi form yang disediakan. Setelah melalui proses screening tentang riwayat kesehatan barulah mereka bisa mengikuti swab test yang kami lakukan,” terangnya.

Tidak sampai di situ saja, Sri Puji juga mengatakan warga akan mendapatkan tuntunan lebih lanjut setelah didapatkan hasil swab testnya. “Jika hasil swab positif, akan ditentukan dulu apakah warga yang bersangkutan Orang Tanpa Gejala (OTG) atau Pasien Dalam Pengawasan (PDP). Jika PDP maka direkomendasikan di rawat, baik di rumah Sakit Pemerintah (rumah sakit kelas B, kelas C ataupun RS Sulianti Saroso) ataupun Rumah Sakit Swasta yang menerima. Jika OTG dilihat lagi apakah kondisi rumahnya memungkinkan untuk dirawat di rumah, jika tidak memungkinkan , direkomendasikan ke Rumah Sakit Darurat Wisma atlet,” tuturnya.

Untuk diketahui, dalam mengikuti kegiatan ini masyarakat tetap harus menjaga jarak sesuai denganprotokol kesehatan Covid-19. Buat seluruh masyarakat RBS diharapkan juga untuk terus menjaga pola hidup sehat untuk melindungi diri, keluarga dan lingkungannya agar terbebas dari Covid-19.

(Antony)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *