Panti Sosial Asuhan Anak Putra Utama 3 Ceger Menggelar Swab Test

Jakarta, Perpek Media – Panti Sosial Asuhan Anak (PSAA) Putra Utama 3 Ceger menggelar swab test bagi anak asuh binaan serta petugas panti, baik PNS maupun PJLP, dengan total 150 orang, pada Rabu (17/6).

Pelaksanaan swab test dilakukan oleh tim dari Puskesmas Kecamatan Cipayung. Adapun tujuan swab test ini untuk mengetahui sejak awal kondisi warga binaan dan pengasuhnya, guna memutus rantai Covid-19. Demikian disampaikan Kepala Dinas Sosial DKI Jakarta, Irmansyah.

“Untuk mendeteksi penularan sejak awal. Kalau memang ternyata ada yang positif, akan dilakukan langkah-langkah sesuai protokol yang ada, Ini juga penting sekali, terutama untuk memutus rantai penyebaran Covid-19. Insya Allah di semua panti kita akan dilakukan test ini,” tuturnya.

Hal serupa juga diungkapkan Kepala PSAA Putra Utama 3, Vivi Kafilatul Jannah. Ia menjelaskan pelaksanaan Swab Test ini bertujuan untuk memastikan kondisi kesehatan seluruh anak asuh dan para pengasuh dalam kondisi baik dan sehat.

“Selama ini seluruh anak asuh sejak Maret tidak diizinkan untuk keluar dari panti, guna mengikuti anjuran Pemerintah untuk tetap di rumah saja. Bahkan saat hari raya idul fitri pun, seluruh anak asuh tetap berada di dalam panti,” tuturnya.

Ia menambahkan, protokol kesehatan dalam aktifitas keseharian sudah dilaksanakan oleh PSAA Putra Utama 3. Setiap pengasuh yang datang, harus di cek suhu tubuhnya dan mengenakan masker serta face shield. Begitu pun dengan anak asuh, setiap hari wajib menggunakan masker dan menjaga jarak satu dengan lainnya. Penerapan Physical and Social Distancing dilakukan dengan sangat ketat di PSAA PU 3 guna mencegah penyebaran virus Covid-19 ini.

“Setiap pagi, seluruh anak asuh dan para pengasuh wajib berjemur dan berolahraga pagi, dilanjutkan dengan berbagai macam aktifitas sebagai pengganti kegiatan sekolah yang harus dilakukan dari dalam panti. Panti juga menambah asupan vitamin, jamu rempah-rempah dan perbanyak sayuran dan buah,” ujarnya.

Test Swab ini adalah lanjutan dari Test Rapid yang sudah dilaksanakan minggu lalu, Selasa 9 Juni 2020 oleh Persit Kartika Chandra Cabang XIV Puskesad. Hasil Test Rapid minggu lalu didapati semua anak asuh dan para pengasuh non reaktif.

(Dede)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *