Dinsos DKI Distribusikan KLJ Dan KPDJ Di Jakarta Timur

Jakarta, Perpek Media – Dinas Sosial DKI Jakarta mendistribusikan 4.792 Kartu Lansia Jakarta (KLJ) dan 389 Kartu Penyandang Disabilitas Jakarta (KPDJ) kepada penerima kartu baru yang terdapat di 14 lokasi di empat Kecamatan, yakni Cakung, Cipayung, Ciracas, dan Duren Sawit. Pendistribusian tersebut berlangsung selama dua hari, yakni pada 17-18 Juni.

Kepala Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial Dinas Sosial DKI Jakarta, Ika Yuli Rahayu mengungkapkan pendistribusian ini merupakan kali kedua, bagi penerima kartu baru, setelah dilakukan di wilayah Jakarta Barat pada 15-16 Juni lalu.

Ika mengatakan, pembagian bantuan tersebut merupakan kegiatan rutin tahunan yang dicanangkan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Namun akibat pandemi Covid-19, penyerahan bantuan yang seharusnya dilaksanakan pada bulan Maret, menjadi mundur di bulan Juni.

“Para lansia penerima KLJ akan menerima dana kesejahteraan sebesar Rp600.000,- per bulan dan dibayarkan dalam tiga bulan sekali sebesar Rp1.800.000,-,” terangnya.

Hal serupa juga berlaku bagi penyandang disabilitas penerima KPDJ yang menerima dana bantuan sebesar Rp300.000,- per bulan dan dibayarkan tiga bulan sebesar Rp900.000,- (Januari, Februari dan Maret).

Kepala Sudin Sosial Jakarta Timur, Purwono menerangkan, dalam pendistribusian KLJ dan KPDJ tetap mengacu pada protokol kesehatan guna memutus rantai Covid-19. “Selama penyaluran, kami juga memastikan baik masyarakat maupun petugas menggunakan masker, menyediakan hand sanitizer maupun menyediakan tempat mencuci tangan, hingga menjaga jarak. Ini mengantisipasi penularan Covid-19, mengingat ada lansia di dalamnya,” tuturnya.

Ia menambahkan, dalam pendistribusian KLJ dan KPDJ, pihaknya dibantu unsur Kecamatan, Kelurahan, Satpol PP, Satgas P3S, PJLP Pendamping Sosial hingga TKSK setempat.

(Dede)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *