Gurih! Seblak Ceker Pedas Manis, Berikut Cara Membuatnya

Jakarta, Perpek Media – Seblak adalah makanan khas Indonesia yang berasal dari Jawa Barat. Jenis makananan berkuah ini, identik dengan rasanya yang pedas. Seiring berjalannya waktu, Seblak yang marak digandrungi masyarakat ini pun semakin banyak variannya. Pada umumnya, Seblak yang menjadi makanan kekinian, terbuat dari kerupuk basah yang dimasak dengan sayuran dan sumber protein seperti telur, ayam, dimasak dengan bumbu tertentu.

Foto: selerasa.com

Ada seblak kering, seblak ceker, seblak mie, seblak makaroni, seblak bakso, dan masih banyak lainnya. Nikmatnya Seblak yang memiliki  citarasa gurih dan pedas ini, cara pembuatannya  terbilang cukup mudah dan praktis, bahannya pun mudah didapatkan. Seperti cara membuat seblak ceker bumbu pedas manis ini.

Anda bisa membuatnya kapan saja, simak resep cara membuat seblak ceker bumbu pedas manis yang mantap dan segar, melansir selerasa.com/Bella, sebagai  berikut:

Bahan-bahan Bahan-Bahan:

  • 500 gram Ceker ayam
  • 2 sendok makan Kecap manis
  • 700 ml Air
  • 200 gram Kerupuk aci kuning
  • 2 sendok makan Minyak goreng untuk menumis

Bumbu yang Dihaluskan:

  • 1 sendok teh Garam
  • 10 buah Cabai rawit merah
  • 3 butir Bawang merah
  • 1/4 sendok teh Penyedap
  • 1/2 ruas jari Kencur
  • 1 siung Bawang putih

Langkah-langkah

Persiapan Membuat Seblak Ceker Bumbu Pedas Manis yang Mantap dan Segar:

  1. Bersihkan terlebih dahulu ceker sebagai bahan utama dari sajian kali ini. Cara membersihkan ceker bisa anda lakukan dengan terlebih dahulu memasukan ceker kedalam sebuah wadah dan siapkan sebuah pisau dan tatakan. Sebelum dibersihkan dengan merata silahkan potong ceker dibagian punggung ceker hingga hampir putus. Lalu masukkan kembali kedalam wadah dan bawa ke tempat cucian.
  2. Bersihkan ceker dengan air bersih dan pastikan anda pun memotong bagian kukunya dengan merata. Setelah bersih, baru kemudian bersihkan dengan merata dan kucurkan dibawah air bersih.
  3. Bila sudah bersih kemudian masukkan kedalam wadah dan tiriskan air cuciannya dengan merata. Lalu kucuri sajian ini dengan menggunakan air jeruk nipis dan berikan sedikit garam. Lalu sisihkan sementara.
  4. Sambil menunggu bumbu yang anda masukkan ceker menjadi lebih meresap dengan merata. Maka silahkan siapkan panci dan rebus kerupuk kuning agar teksturnya menjadi lebih lembek dan lunak. Angkat dan sisihkan dalam wadah sebelum dicampur dengan sajian lainnya.
  5. Setelah itu, ganti air rebusan dan kali ini rebus ceker sampai matang dan merata hingga ceker benar-benar lunak. Angkat sajian ini dan ambil sedikit kuah rebusannya setelah matang lalu sisihkan.

Cara Membuat Seblak Ceker Bumbu Pedas Manis yang Mantap dan Segar:

  1. Haluskan terlebih dahulu bumbu yang perlu dihaluskan dengan merata. Gunakan ulekan untuk memudahkan anda menghaluskan sajian ini. Bila sudah selesai kemudian kumpulkan ditengah dengan menggunakan sendok nantinya bahan ini akan lebih mudah ditumis.
  2. Bila sudah selesai, siapkan sebuah wajan diatas kompor dan nyalakan api yang sedang. Masukkan minyak goreng sedikit saja kedalamnya dan tunggu sampai minyak menjadi lebih panas dengan merata. Baru masukkan bumbu halus kedalamnya dan tumis sajian ini sampai tercium bau harum yang enak dan sedap.
  3. Masukkan air kaldu dari rebusan ceker sebelumnya dan aduk-aduk dengan merata lalu biarkan bumbu tercampur dengan merata. Berikan bumbu kedalam rebusan kuah seperti halnya garam, penyedap rasa dan berikan sedikit gula. Lalu aduk-aduk dengan merata.
  4. Masukkan kecap manis kedalamnya dan aduk-aduk dengan merata kemudian koreksi bumbunya sampai anda merasa bumbu sudah pas. Masak sampai kuah menjadi lebih mendidih dengan merata.
  5. Masukkan ceker kedalamnya bersama dengan kerupuk dan masak sajian ini sampai kuah lebih menyusut dan bumbu meresap kedalamnya dengan merata.

(*/Jie)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *