Viral! P3S Sudin Sosial Jaktim Merujuk Lansia Terlantar

Jakarta, Perpek Media – Satgas Pelayanan, Pengawasan dan Pengendalian Sosial (P3S) Sudin Sosial Jakarta Timur, merujuk lansia terlantar yang kabarnya sempat beredar di media sosial.

Salah satu petugas P3S Posko Kodim Jatinegara, Mono mengungkapkan, awalnya timbya menindaklanjuti laporan dari Dinas Sosial tentang adanya lansia terlantar. Kemudian, tim bergegas menelusuri keberadaan lansia dimaksud.

“Kami ke lokasi gereja tempat lansia tersebut berada. Diketahui namanya Mbah Poniman,” terang Mono, saat dikonfirmasi Kamis (18/6).

Setelah itu, tim P3S Posko Kodim Jatinegara mengassement dan mencari tahu lebih detail secara langsung dari Mbah Poniman, yang diketahui berusia 80 tahun tersebut.

“Kami juga sempat menanyakan security di gereja tersebut, dia mengatakan bahwa Mbah Poniman bukanlah karyawan gereja tersebut melainkan seorang pemulung dan Mbah Poniman masih memiliki keluarga di daerah Cakung,” jelasnya.

Setelah itu, petugas menawarkan Mbah Poniman untuk tinggal di panti maupun dikembalikan lagi kepada keluarganya di Cakung Akan tetapi Mbah Poniman menolak dan mengaku masih betah tinggal dilingkungan tersebut karena merasa nyaman akan kepedulian warga sekitar.

“Jadi oleh pihak gereja, Mbah Poniman ini diizinkan tinggal di lahan Gereja, sehingga mereka pun kadang memberi uang atau makanan. Tapi status Mbah Poniman tetap pemulung, bukan pegawai gereja. Karena mereka kasihan jadi diperdayakan untuk beberes dan diberi upah,” tutupnya.

(Dede)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *