Pedagang Pasar PIK Melakukan Swab Test

Jakarta, Perpek Media – Swab Test Pedagang Pasar Jaya Pantai Indah Kapuk (PIK),kolaborasi PD Pasar Jaya bekerjasama dengan Kecamatan dan Puskesmas Kecamatan Penjaringan guna mencegah timbulnya klaster baru sekaligus sosialisasi untuk selalu menjalankan protokol kesehatan, Senin (22-06-2020).

Sekretaris Camat Kecamatan Penjaringan Dwi Pandji Foekiantoro mengatakan jika pihaknya berusaha menutup kemungkinan timbulnya klaster baru.

“Pada masa Pembatasan Sosial Berskala Besar masa transisi ini, yang menjadi konsentrasi adalah munculnya klaster baru. Dengan mulai dibukanya pusat perbelanjaan, Kecamatan Penjaringan, Puskesmas berkolaborasi dengan pengelola pasar untuk tetap mensosialisasikan penggunaan protokol kesehatan dalam aktifitas jual beli,” katanya.

Selain itu, Panji juga menerangkan jika pihaknya terus melakukan pelacakan (tracing) pada wilayah atau individu yang diduga bisa membawa atau menyebarkan Covid-19. “Salah satu contoh upaya pelacakan itu dengan melakukan swab test di pasar ini. Seluruh elemen penghuni pasar harus mengikuti swab test ini. Kita akan berikan sangsi buat yang menolak. Karena kita semua berharap, seluruh yang menjalankan aktifitas di sini terbebas dari Covid-19,” tuturnya.

Selain melakukan test kesehatan, Panji juga menegaskan agar seluruh aktifitas jual beli mengedepankan protokol kesehatan Covid-19 yang sudah diberikan oleh pemerintah.

“Baik pengelola pasar (baik PD Pasar atau pasar swasta) agar dapat mengikuti protokol kesehatan. Seandainya tidak, kami akan memberikan sangsi tegas dengan dicabutnya izin berjualan,” tuturnya.

Sementara Koordinator kegiatan Puskesmas Kecamatan Penjaringan NS Merryani Purba S.Kep mengatakan jika hari ini Senin (22-06-2020) pihaknya telah melakukan sosialisasi Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di Pasar Jaya PIK.

“Kemudian para pedagang diarahkan untuk mengikuti swab test. Tujuannya agar mereka mengetahui kondisi kesehatannya dimasa pandemi Covid-19 ini. Untuk hasilnya sendiri, nanti akan dikirimkan lewat WhatsApp Messager untuk menjaga dan melindungi privasi pedagang,” katanya.

(Antony)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *