Sudin Dukcapil Jakut Gelar Layanan Mobile Di RW Zona Merah

Jakarta, Perpek Media – Suku Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kota Administrasi Jakarta Utara akan menggelar layanan mobile di Rukun Warga (RW) yang tergolong zona merah penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19). Layanan ini dijadwalkan secara kontinu di lima kecamatan yang dimulai pada Selasa (30/6) mendatang.

Kepala Suku Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Administrasi Jakarta Utara Edward Idris mengatakan, layanan administrasi kependudukan mobile didasari Instruksi Sekretaris Daerah Provinsi DKI Jakarta Nomor 49 Tahun 2020 Tentang Pendataan Penduduk Nonpermanen Secara Daring Berbasis Rukun Tetangga/Rukun Warga.

Rencana kegiatan ini pun merupakan tindak lanjut hasil rapat koordinasi Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Administrasi Jakarta Utara yang dilaksanakan pada Minggu (15/6) lalu.

“Kami akan adakan layanan kependudukan mobile. Lokasinya di RW yang termasuk dalam zona merah,” kata Edward, saat dikonfirmasi, Rabu (24/6).

Dijelaskannya, layanan kepandudukan mobile ini berada di lima RW pada lima kecamatan di Jakarta Utara. Layanan tidak dilaksanakan di wilayah Kecamatan Kelapa Gading lantaran saat ini seluruh RW di kecamatan tersebut sudah tergolong zona hijau.

Diawali di RW 01 Kelurahan Sunter Agung, Tanjung Priok pada Selasa (30/6), layanan dilanjutkan di RW 09 Kelurahan Lagoa pada Kamis (2/7), di RW 11 Kelurahan Penjaringan, Penjaringan pada Selasa (7/7), di RW 06 Kelurahan Pademangan Barat, Pademangan pada Kamis (9/7), dan di RW 01 Kelurahan Semper Barat, Cilincing pada Selasa (14/7).

“Apabila ada RW lain yang mau juga diadakan layanan mobile seperti ini bisa mengajukan kepada kami. Tapi untuk saat ini kami batasi layanan di satu RW per kecamatan dahulu,” jelasnya.

Selain pendistribusian Kartu Tanda Penduduk Elektrik (KTP- El), diterangkannya layanan mobile ini turut melayani administrasi lain seperti pembuatan Akta Kelahiran, Kartu Identitas Anak (KIA), dan konsultasi administrasi kependudukan. Termasuk menyosialisasikan Aplikasi Akses Langsung Pelayanan Dokumen Kependudukan Cepat dan Akurat (Alpukat) Betawi kepada Ketua RT dan RW.

“Kami juga memastikan layanan mobile ini turut menerapkan protokol kesehatan, mulai dari penggunaan masker, pengecekan suhu tubuh, penyediaan hand sanitizer, hingga batas antrean. Bahkan, petugas kami menggunakan alat pelindung diri (APD) sebagai langkah pencegahan penyebaran Covid-19),” terangnya.

Menanggapi rencana itu, Lurah Sunter Agung Danang Wijarnako berharap pelayanan kependudukan yang selama ini terhambat akibat Covid-19 dapat kembali berjalan lancar sesuai dengan kebutuhan warga. Apalagi RW 01 merupakan lingkungan berkarakteristik paling padat penduduk di antara RW lainnya se-Kelurahan Sunter Agung dengan total 13.500 jiwa dan 13.500 jiwa.

“RW 01 ini memang sebelumnya masuk dalam kategori RW zona merah. Namun saat ini sudah mulai membaik dan menjadi zona kuning. Harapan saya dengan adanya layanan mobole ini maka kebutuhan administrasi kependudukan yang terhambat selama pandemi Covid-19 dapat kembali dilaksanakan sesuai dengan kebutuhan warga,” tutupnya. []

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *