Pelanggar PSBB Danau Sunter Bersiap Ikut Rapid Test

Jakarta,Perpek Media – Pelanggar aturan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) masa transisi diharuskan menjalani rapid test untuk mencegah penyebaran COVID-19. Delapan orang yang didapati tidak mematuhi protokol kesehatan di Kawasan Danau Sunter langsung mengikuti rapid test yang ditangani tim Puskesmas Kecamatan Cilincing di Posko Pengamanan Terpadu Gugus Tugas COVID-19 Jakarta Utara.

“Hari ini, tim Puskesmas Kecamatan Cilincing bersama dengan jajaran terkait turut mendukung kegiatan PSBB yang berlangsung di Kawasan Danau Sunter. Adapun kegiatan yang dilakukan adalah pemberian sanksi berupa rapid test terhadap masyarakat yang melanggar protokol PSBB,” jelas Kepala Puskesmas Kecamatan Cilincing, dr.Edison Syahputra saat dikonfirmasi, Rabu (1/7/20).

Sedangkan proses rapid test dilakukan dalam waktu yang relatif singkat. “Kurang lebih 30 menit, warga dapat mengetahui hasilnya secara pribadi. Selain rapid test juga dilakukan skrining kesehatan kepada warga yang berada di lokasi tersebut melalui pengisian form penyelidikan epidemiologi,” ungkapnya.

Ia menerangkan, apabila hasil rapid testnya positif maka petugas kesehatan akan mengarahkan pasien untuk melakukan isolasi mandiri dan memberitahu kepada pasien tersebut untuk segera melapor ke fasilitas kesehatan sesuai domisili. “Jika isolasi mandiri tidak memungkinkan maka petugas akan melakukan perujukan ke Rumah Sakit Darurat COVID-19 Wisma Atlet Kemayoran,” tuturnya.

Dalam situasi pandemi COVID-19, ia menghimbau kepada masyarakat Jakarta Utara untuk mematuhi protokol kesehatan seperti menggunakan masker, jaga jarak fisik, tidak berkerumun dan rutin mencuci tangan menggunakan sabun. “Patuhi protokol kesehatan karena itu sangat penting untuk memutus mata rantai penyebaran COVID-19,” himbau dr.Edison.

(Maya Hasan)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *