Kreasi Batik Shibori Buatan Lansia PSTW Budi Mulia 4

Jakarta, Perpek Media – Sejumlah lansia yang merupakan warga binaan Panti Sosial Tresna Werdha (PSTW) Budi Mulia 4 mengikuti pelatihan Shibori, sebuah keterampilan dari Jepang dalam hal pewarnaan kain.

Kepala PSTW Budi Mulia 4, Yanti Affianti, mengungkapkan pelatihan ini merupakan kali pertama diterapkan di pantinya. Tujuannya ialah, selain mengisi waktu luang bagi lansia, juga melatih motorik.

“Tujuan dari pelatihan Shibori untuk melatih motorik, karena ada tekhnik mengikat walaupun mudah. Lansia juga dilatih memadu padankan warna untuk asah kreatifitas,” terangnya, saat dikonfirmasi, Jumat (3/7).

“Selain itu, ini juga berguna bagi teman-teman PJLP, karena bisa melatih keterampilan kreasi batik untuk dipergunakan sendiri. Ada pride ketika menggunakan hasil karya sendiri. Kreatifitas terasah, mengisi wakyu dengan keterampilan bermanfaat,” tambahnya.

Dipilihnya pelatihan Shibori sebagai ruang kreasi para lansia binaan, karena dinilai mudah diterapkan. “Terutama pada lansia yang mandiri. Sangat simple dalam tekhnik pencelupan warnanya dan prosesnya juga cepat. Intinya, agar lansia juga bahagia dengan permainan warnanya. Selain itu, biayanya sangat terjangkau, mudah didapat,” lanjut Yanti.

Ia menambahkan, pelatih yang dihadirkan merupakan dari kalangan panti sendiri, yakni Koordinator Satpel. “Beberapa teman PJLP juga pernah ikut pelatihan. Mereka berbagi ilmu kepada kami dan warga binaan. Misalnya bahan-bahan yang diperlukan, seperti kain mori, water glass, pewarna, karet. That’s it,” tutur Yanti.

“Untuk saat ini, kami pihak panti harus bisa berpikir kreatif agar semua bisa terfasilitasi dengan baik,” lanjutnya.

Selain melakukan pelatihan keterampilan batik Shibori, PSTW Budi Mulia 4 juga melakukan berlatih gamelan, bercocok tanam dengan memberi jadwal kapan benih harus dipindah dan siap panen. Sehingga diharapkan, kegiatan tersebut dapat melatih daya ingat para lansia binaan.

(Dede)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *