Silaturahmi Dan Proker Divisi Kebudayaan Merangkul Sanggar-Sanggar Silat Di Kelurahan Duri Kepa

Jakarta, Perpek Media – Karang Taruna (Katar) Kelurahan duri kepa mengadakan serangkaian kegiatan seni budaya Betawi dan merangkul sanggar sanggar yang berada duri Kepa , yang bertempat di jalan kampung guji RT 02/ RW 002. dilakukan dalam upaya menciptakan budaya Betawi duri Kepa tidak mati “obor’ bagi warga sekitar khusus kelurahan duri kepa.

Ketua Katar duri kepa, bapak Sutono mengatakan, pihaknya berupaya menggali potensi dari kaum muda untuk berkreasi di bidang seni budaya Betawi, serta ekonomi kreatif dan saling menjalin silaturahmi antar sanggar sanggar.

Kaum muda adalah generasi penerus bangsa. Kaum yang dapat meneruskan, menjaga sekaligus melestarikan seni budaya Betawi. “Masa remaja adalah masa yang paling indah, sayang sekali jika tidak dimanfaatkan untuk hal-hal positif termasuk di bidang seni budaya khususnya melestarikan seni budaya Betawi dalam skala sederhana,” kata Iwan geboy sebagai divisi kebudayaan katar duri Kepa selasa (7/7/2020).

Untuk mengakomodir mereka, lanjut Sutono , Katar Kelurahan duri Kepa ,membentuk silaturahim antar sanggar sanggar duri Kepa,, melalui divisi kebudayaan karang taruna duri Kepa. ini berfokus pada upaya melestarikan dan menjaga seni budaya Betawi misalnya pelatihan tari Betawi, pencak silat, Gambang Keromong ,lenong Betawi, ucapnya.

Selain seni budaya, wadah ini juga dimanfaatkan untuk menciptakan peluang usaha baru melalui usaha ekonomi mikro, diantaranya membuat ondel-ondel, bir pletok, plakat dan lainnya. Tujuannya berupaya menciptakan cagar- cagar budaya Betawi bagi warga setempat.

Sementara itu ketua sanggar cabang beksi satria , bang asmawi , sangat mengapresiasi kiprah kaum milenial di Kelurahan duri Kepa dimotori Kartar bang Sutono , Kiprah ini sangat penting untuk mencegah remaja penerus bangsa terjerumus ke hal-hal negatif yang dapat merusak masa depannya.

“Anak-anak milenial zaman now selayaknya pula menggali potensi dan mencintai budaya lokal termasuk seni budaya Betawi maupun berkreasi optimal di bidang pelestari budaya Betawi khusus di kelurahan duri Kepa, agar mampu bersaing dengan remaja dari bangsa lain,” pungkasnya. Bang asmawi saat ditemui perpek media.

(Dedi) 

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *