Delman, Ternyata Seorang Insinyur Penemunya

Jakarta, Perpek Media -Penamaan Delman berasal dari penemunya yakni Ir Charles Theodore Deeleman, seorang insinyur, ahli irigasi yang memiliki bengkel besi di pesisir Batavia (Jakarta sekarang). Penamaan kendaraan yang sama adalah Sado yang berasal dari Bahasa Prancis dos-à-dos yang berarti saling memunggungi.

Alat transportasi ini berjalan dengan cara ditarik dengan kuda dan dikendalikan oleh kusir, sampai sekarang, delman masih digemari, terutama oleh anak-anak dan wisatawan luar negeri.

Di Indonesia sendiri, Delman sudah masuk ke dalam jajaran moda transportasi tradisional yang eksistensinya kini mulai tergusur oleh perkembangan jaman. Sudah mulai agak sulit untuk menemukan delman di tengah hiruk pikuk kota besar seperti Jakarta.

Tukang atau sopir Delmandisebut kusir, merupakan orang yang berprofesi menjalankan delman. Sejak dahulu delman sebagai alat transportasi tradisional banyak dipakai oleh masyarakat, terutama di Betawi.

Delman terdiri dari gerobak yang beroda dua di samping kiri dan kanan serta seekor kuda yang diberi ladam ketika jalan. Kuda dikendalikan seorang kusir yang berada di gerobak tempat penumpang duduk.

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Delman dibuat oleh pabrik-pabrik khusus, salah satu di antaranya terletak di JI. Gajah Mada, pabrik karoseri yang disebut wagenmakerij itu juga melayani pembuatan serta pemasangan tapal kuda selain berfungsi sebagai bengkel delman, roda delman pada mulanya memakai ‘ban’ besi. Setelah jalan-jalan raya diaspal, besi diganti dengan karet padat.

(Dedi)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *